Analisis Pengaruh Perubahan Tutupan Lahan Terhadap Suhu Permukaan Tanah di Kota Samarinda

  • Kristin Felsiana Mau Universitas Mulawarman
  • Kadek Subagiada
  • Supriyanto Supriyanto

Abstract

Perkembangan Kota Samarinda dan tingginya urbanisasi menyebabkan berkurangnya lahan bervegetasi sehingga radiasi yang diserap lebih besar dan suhu di wilayah tersebut meningkat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui klasifikasi tutupan lahan dan distribusi suhu permukaan tanah serta pengaruh perubahan tutupan lahan terhadap suhu permukaan tanah di kota samarinda tahun 2013 dan 2022 dengan menggunakan SIG (Sistem Informasi Geografis). Penelitian ini menggunakan data tutupan lahan yang dianalisis dan dihasilkan klasifikasi tutupan lahan serta untuk data suhu permukaan tanah diolah mengggunakan metode mono-window brightness temperature. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan tutupan lahan memiliki hubungan dengan suhu permukaan. Bertambahnya luasan lahan terbangun dan lahan terbuka, berkurangnya luasan lahan vegetasi dapat menyebabkan perubahan sifat fisik permukaan yang berimplikasi pada peningkatan suhu permukaan. suhu rata rata permukaan tanah kota samarinda mengalami kenaikan 0,9 °C selama 9 tahun ini dan untuk tutupan lahan mengalami kenaikan ada pada kelas lahan terbangun dan lahan terbuka dengan suhu tertinggi ada pada kelas lahan terbuka yaitu tahun 2013 adalah 31,1°C-32,2°C mengalami kenaikan tahun 2022 adalah 32,1°C-33°C.

Published
2023-02-28
How to Cite
MAU, Kristin Felsiana; SUBAGIADA, Kadek; SUPRIYANTO, Supriyanto. Analisis Pengaruh Perubahan Tutupan Lahan Terhadap Suhu Permukaan Tanah di Kota Samarinda. GEOSAINS KUTAI BASIN, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 16-24, feb. 2023. ISSN 2615-5176. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/geofis/article/view/1045>. Date accessed: 19 may 2024. doi: https://doi.org/10.30872/geofisunmul.v6i1.1045.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.