ANALISIS KLASIFIKASI LAJU EROSI MENGGUNAKAN METODE UNIVERSAL SOIL LOSS EQUATION (USLE) DENGAN SIG DI KOTA SAMARINDA

  • Wisnu Sadewo Universitas Mulawarman
  • Kadek Subagiada Program Studi Fisika FMIPA Universitas Mulawarman
  • Djayus Djayus Program Studi Geofisika FMIPA Universitas Mulawarman

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk akan membuat kebutuhan akan sumber daya dan lahan akan semakin meningkat. Pemanfaatan sumber daya alam dan pembukaan lahan yang berlebih akan menimbulkan berbagai permasalahan, salah satu permasalahanya adalah erosi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui klasifikasi lajur erosi di Kota Samarinda serta mengetahui sebaran erosi dengan kategori sangat berat di Kota Samarinda. Perhitungan laju erosi didasarkan pada empat faktor yaitu, faktor erosivitas curah hujan (R) dihitung dari intepretasi data curah hujan, faktor erodibilitas tanah (K) ditentukan dari analisis peta jenis tanah, faktor kelerengan (LS) ditentukan dari analisis data DEM (Digital Elevation Model), faktor vegetasi dan tutupan lahan (CP) ditentukan dari peta tutupan lahan. Berdasarkan empat fakor tersebut  selanjutnya dihitung  klasifikasi laju erosi dengan menggunakan metode Universal Soil Loss Equation (USLE). Hasil penelitian menunjukkan hasil klasifikasi laju erosi di Kota Samarinda menunjukkan 46,23 % dari luas wilayah tergolong sangat ringan ( <15 ton/ha/th); 8,37 % tergolong kelas ringan (15-60 ton/ha/th); 7,76 % tergolong kelas sedang (60-180 ton/ha/th); 18,94 % tegolong berat (180-480 ton/ha/th), dan 18,70 % wilayah yang tergolong pada kelas erosi sangat berat ( >480 ton/ha/th). Luas sebaran erosi di Kota Samarinda dengan kategori sangat berat yaitu 480 ton/ha/th memiliki luas sebesar 12442,37 Ha atau setara dengan 18,70 % luas wilayah Kota Samarinda, hal ini disebabkan pada wilayah tersebut kondisi lahan sudah terbuka tanpa penutup diatasnya yang menyebabkan tanah akan mudah tererosi karena tidak adanya faktor yang menghambat laju erosi

Author Biographies

Kadek Subagiada, Program Studi Fisika FMIPA Universitas Mulawarman

Fisika Medik

Djayus Djayus, Program Studi Geofisika FMIPA Universitas Mulawarman

Geofisika

Published
2023-02-28
How to Cite
SADEWO, Wisnu; SUBAGIADA, Kadek; DJAYUS, Djayus. ANALISIS KLASIFIKASI LAJU EROSI MENGGUNAKAN METODE UNIVERSAL SOIL LOSS EQUATION (USLE) DENGAN SIG DI KOTA SAMARINDA. GEOSAINS KUTAI BASIN, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 53-62, feb. 2023. ISSN 2615-5176. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/geofis/article/view/1011>. Date accessed: 19 may 2024. doi: https://doi.org/10.30872/geofisunmul.v6i1.1011.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.