STUDI PENENTUAN DAYA TAMPUNG BEBAN PENCEMAR KUALITAS AIR SUNGAI MAHAKAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUAL2KW

  • Yana Jumiati
  • Mislan Mislan
  • Kadek Subagiada

Abstract

Penelitian ini mengambil sungai Mahakam sebagai objek. Kasus memburuknya air sungai Mahakam diduga dipengaruhi oleh kegiatan bukaaan permukaan alam di sekitar DAS yang tidak terkendali dan sangat massif oleh kegiatan tambang, perkebunan dan kehutanan. Penelitian ini menggunakan bantuan program QUAL2Kw versi 5.1 untuk menghitung beban pencemaran yang masuk keĀ  sungai. Pada awal pembangunan model dilakukan trial and error hingga diperoleh model yang mendekati (sesuai) kondis yang sebenarnya, setelah model tervalidasi, maka model dapat digunakan menghitung macam skenario. Pada penelitian ini menggunakan data kualitas air pada musim kemaru tahun 2018 penghujan dengan parameter kunci kualitas air yang digunakan adalah TSS, BOD dan COD dengan 3 skenario. Pada metode QUAL2Kw menggunakan skenario 1 menjelaskan tentang pencemar kosong, skenario 2 untuk menjelaskan Reduksi 30% dari beban pencemaran pada point source dan pada skenario 3 Baku Mutu Air Limbah Domestik pada point source. Hasil dari perhitungan daya tampung beban pencemaran sungai Mahakam pada musim kemarau untuk parameter TTS adalah 1,972Kg/Hari, BOD adalah 1,728Kg/Hari dan COD adalah sebesar 2,592Kg/Hari.

Published
2020-02-19
How to Cite
JUMIATI, Yana; MISLAN, Mislan; SUBAGIADA, Kadek. STUDI PENENTUAN DAYA TAMPUNG BEBAN PENCEMAR KUALITAS AIR SUNGAI MAHAKAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUAL2KW. GEOSAINS KUTAI BASIN, [S.l.], v. 3, n. 1, feb. 2020. ISSN 2615-5176. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/geofis/article/view/595>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.30872/geofisunmul.v3i1.595.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.