Pengaruh El Nino Southern Oscillation (ENSO) Terhadap Debit Sungai Mahakam Kalimantan Timur

  • Rahmiati Rahmiati Geophysics of Mulawarman University
  • Idris Mandang

Abstract

El Nino Southern Oscillation (ENSO) merupakan fenomena laut-atmosfer yang berdampak terhadap perubahan iklim di seluruh dunia termasuk Indonesia. Southern Oscillation Index (SOI) merupakan salah satu indikator dari ENSO. SOI memberikan gambaran kejadian El Nino atau La Nina di Samudra Pasifik. SOI dihitung menggunakan perbedaan tekanan antara Tahiti dan Darwin. Fase El Nino berada pada nilai SOI dibawah -7 dan La Nina berada pada nilai SOI di atas dari +7 [1]. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh ENSO terhadap debit Sungai Mahakam di Kalimantan Timur menggunakan analisis Korelasi Pearson (Pearson Product-Moment Correlation). Data yang digunakan merupakan data yang diperoleh dari 4 stasiun pengamatan mulai dari tahun 2008 sampai tahun 2012. Analisis korelasi dibagi menjadi lag 0, lag 1, lag 2 dan lag 3. Hasilnya menunjukkan bahwa pada lag 0 diperoleh korelasi positif yang hampir semua stasiun nilai koefisien korelasinya (r) lebih besar dari 0,3 (korelasi sedang). Pada lag ini hanya satu stasiun yang nilai r nya di bawah 0,3. Pada lag 1 terjadi korelasi positif dan negative yang kebanyakan berkorelasi lemah dengan nilai -0.07 ≤ r ≤0.23. Hanya ada satu stasiun yang berkorelasi sedang dengan nilai r lebih dari 0,3. Pada lag 2 dan lag 3 semua stasiun berkorelasi lemah dengan nilai -0.3 ≤ r ≤ 0.17. Dari hasil tersebut dapat terlihat bahwa korelasi tertinggi adalah korelasi sedang dengan korelasi positif yang terjadi pada lag 0 sehingga dapat disimpulkan bahwa kejadian ENSO berdampak langsung terhadap debit Sungai Mahakam meskipun pengaruhnya tidak terlalu besar. Dari hasil juga mengindikasikan bahwa ketika kondisi El Nino maka debit sungai akan menurun dan akan meningkat ketika kondisi La Nina

Published
2023-01-02
How to Cite
RAHMIATI, Rahmiati; MANDANG, Idris. Pengaruh El Nino Southern Oscillation (ENSO) Terhadap Debit Sungai Mahakam Kalimantan Timur. GEOSAINS KUTAI BASIN, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 86-89, jan. 2023. ISSN 2615-5176. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/geofis/article/view/1064>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.30872/geofisunmul.v5i2.1064.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.