Estimasi Sumberdaya Nikel Menggunakan Metode Inverse Distance Weighted (IDW) Berdasarkan Data Eksplorasi Daerah X Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan

  • Gaguk Lulus Prasetyo FMIPA
  • Piter Lepong Universitas Mulawarman
  • Wahidah Wahidah Universitas Mulawarman

Abstract

Estimasi sumberdaya berperan penting dalam penentuan kualitas dan kuantitas dari suatu endapan di suatu daerah eksplorasi. Metode estimasi yang dipilih disesuaikan dengan kondisi geologi dan mineralisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan estimasi sumberdaya nikel dengan menggunakan metode Inverse distance Weighted di daerah X Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan. Jumlah titik bor yang digunakan dalam perhitungan sumberdaya adalah 125 titik bor. Dari data tersebut akan dibuat model blok awal dari batas limonit dan saprolit, kemudian digunakan interpolasi IDW pada model blok tersebut untuk menghasilkan estimasi sumberdaya.


Hasil estimasi sumberdaya nikel menggunakan IDW menunjukan tonase sumberdaya Ni sebesar 1.899.938 ton dengan rata-rata kadar Ni 2,07%. Berdasarkan hasil yang sudah didapatkan terdapat faktor yang mempengaruhi dalam perhitungan yaitu metode IDW menghitung suatu nilai berdasarkan titik data yang terdekat dengan blok dan hanya memperhatikan jarak sehingga data dengan jarak yang sama namun memiliki sebaran data yang berbeda akan menghasilkan hasil yang sama. Dari hasil klasifikasi sumberdaya sebagian besar sebaran titik bor tergolong dalam klasifikasi sumberdaya terukur.

Published
2023-08-31
How to Cite
PRASETYO, Gaguk Lulus; LEPONG, Piter; WAHIDAH, Wahidah. Estimasi Sumberdaya Nikel Menggunakan Metode Inverse Distance Weighted (IDW) Berdasarkan Data Eksplorasi Daerah X Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan. GEOSAINS KUTAI BASIN, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 114-125, aug. 2023. ISSN 2615-5176. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/geofis/article/view/1129>. Date accessed: 19 may 2024. doi: https://doi.org/10.30872/geofisunmul.v6i2.1129.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.