Studi Karakteristik Reservoir Berdasarkan Data Petrofisika (Studi Kasus Lapangan “X” Lemigas Cekungan Sumatera Selatan)

  • Mohammad Felik Hadi Kusuma Universitas Mulawarman
  • Piter Lepong Program Studi Geofisika, Fakultas MIPA, Universitas Mulawarman
  • Ery Arifullah Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Abstract

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan hidrokarbon maka diperlukan suatu upaya untuk mencari cadangan hidrokarbon yang baru, salah satu caranya untuk mencari hidrokarbon yaitu dilakukan pemboran atau well logging. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola geometri formasi, karakteristik batuan, dan apakah pada sumur tersebut termasuk dalam sumur prospek hidrokarbon ataupun tidak. Penelitian ini menggunakan data petrofisika dari Cekungan Sumatera Selatan yang didapat dari LEMIGAS. Data tersebut dianalisis secara kualitatif sehingga diperoleh hasil berupa kurva log, litologi formasi, dan juga kandungan hidrokarbon yang terdapat pada formasi. Dilanjutkan dengan analisis kuantitatif yang merupakan hasil dari karakteristik reservoir secara numerik. Hasil dari penelitian ini didapatkannya hidrokarbon berupa minyak yang terdapat pada kedalaman rata-rata sekitar 4200-4400 feet. Dari penelitian ini didapatkan hasil berupa kurva dari masing-masing logging, dari hasil yang telah didapat dapat disimpulkan bahwa didapatkan nilai indeks gamma ray sebesar 11.35%, nilai porositas sekitar 13.99%, nilai saturasi air sumur sebesar 16.84%, dan permeabilitas sebesar 519.855 mD Dari hasil analisis petrofisika yang telah dilakukan dapat diketahui Lapangan “X” LEMIGAS termasuk lapangan prospek hal ini dapat dilihat dari pengolahan data yang telah dilakukan, dan hasil perhitungan yang telah didapatkan sebelumnya.

Author Biographies

Piter Lepong, Program Studi Geofisika, Fakultas MIPA, Universitas Mulawarman

Geofisika

Ery Arifullah, Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Geologi

Published
2023-02-28
How to Cite
HADI KUSUMA, Mohammad Felik; LEPONG, Piter; ARIFULLAH, Ery. Studi Karakteristik Reservoir Berdasarkan Data Petrofisika (Studi Kasus Lapangan “X” Lemigas Cekungan Sumatera Selatan). GEOSAINS KUTAI BASIN, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 1-8, feb. 2023. ISSN 2615-5176. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/geofis/article/view/1044>. Date accessed: 19 may 2024. doi: https://doi.org/10.30872/geofisunmul.v6i1.1044.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.