INTERPRETASI KARAKTERISTIK BATUBARA BERDASARKAN RESPON GEOPHYSICAL LOGGING DI KONSENSI TAMBANG PT. MITRA ABADI MAHAKAM

  • Hezronia Araujo
  • Supriyanto Supriyanto
  • Aditya Rinaldi

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan interpretasi karakteristik batubara di konsensi tambang Separi 3, Tenggarong Sebrang, Kabupaten Kutai Kartanegara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik batubara bedasarkan data Geophysical Logging di area pertambangan PT. Mitra Abadi Mahakam. Terdapat berbagai metode untuk melakukan interpretasi karakteristik batubara. Dalam penelitian ini digunakan metode Geophysical Logging khususnya dengan respon Gamma Ray untuk mengetahui karakteristik batubara dari 3 titik lubang bor. Membandingkan data pemboran dengan data logging dengan cara melihat litologi dari kedua hasil data tersebut. Berdasarkan perbandingan data logging dan data log litologi dari inti bor, maka data log GR memiliki karakteristik akurasi kedalaman yang lebih baik dikarenakan kemenerusan pengambilan data, tidak seperti inti bor yang diambil setiap interval kedalaman 3 m.  Dari pengolahan data diperoleh karakterisasi sifat fisik batubara secara keseluruhan, yaitu hitam, mengkilap, kompak, rapuh dengan ketebalan yaitu seam 1 dan 2 pada CC-29 dengan rata – rata ketebalan 4 dan 5 meter dengan range nilai Gamma Ray berkisar 0 – 36 API dan 12 – 58 API, seam 1 pada CC-2035R dengan rata – rata ketebalan 2 meter dengan range nilai Gamma Ray berkisar 0 – 52 API, seam 1 dan 2 pada CC-29 dengan rata – rata ketebalan 4 dan 2 meter dengan range nilai Gamma Ray berkisar 0 – 30 API. Lapisan batubara nya ditinjau dari karakteristik lingkungan pengendapan sangat berpengaruh terhadap pergerakan grafik gamma ray. Pada hasil ini karakteristik elektrofasies pada daerah penelitian yaitu cylindrical/boxcar. Daerah cylindrical/boxcar umumnya terbentuk atau terendapkan pada daerah rawa.

Published
2020-02-19
How to Cite
ARAUJO, Hezronia; SUPRIYANTO, Supriyanto; RINALDI, Aditya. INTERPRETASI KARAKTERISTIK BATUBARA BERDASARKAN RESPON GEOPHYSICAL LOGGING DI KONSENSI TAMBANG PT. MITRA ABADI MAHAKAM. GEOSAINS KUTAI BASIN, [S.l.], v. 3, n. 1, feb. 2020. ISSN 2615-5176. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/geofis/article/view/596>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.30872/geofisunmul.v3i1.596.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.