Rancang Bangun Prototipe Monitoring Suhu dan Kelembaban Udara Berbasis Internet Of Things (IOT) Pada Laboratorium Kalibrasi Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Samarinda

  • Muhammad Awaluddin Program Studi Fisika FMIPA Universitas Mulawarman
  • Syahrir Syahrir Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman Samarinda
  • Ahmad Zarkasi Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman Samarinda
  • Erlinda Ratnasari Putri Program Studi Fisika FMIPA Universitas Mulawarman

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang rancang bangun prototipe monitoring suhu dan kelembaban udara berbasis internet of things (IoT) pada Labratorium Kalibrasi Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang  (BPSMB) Samarinda. Penelitian ini bertujuan merancang prototipe yang dapat mengukur suhu dan kelembaban udara menggunakan sensor BME280 berbasis mikrokontoler NodeMCU ESP8266. Tahapan penelitian dilakukan dengan merancang perangkat keras dan perangkat lunak prototipe menggunakan BME280 sebagai sensor yang dapat mengukur suhu dan kelembaban udara dan NodeMCU ESP8266 sebagai kontrol utama yang dilakukan di Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi Universitas Mulawarman. Tahap selanjutnya, dilakukan pemantauan suhu dan kelembaban udara di Laboratorium Kaibrasi Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Samarinda. Hasil perancangan prototipe dapat mengukur suhu dan kelembaban udara seacara realtime serta dapat dimonitoring menggunakan smartphone melalui aplikasi blynk dan hasil monitoring di Laboratorium Kalibrasi BPSMB Samarinda menunjukkan bahwa laboratorium tersebut berada pada suhu ideal yaitu 18  - 22  sesuai standar acuan JIS Z 8710 (Japanese Industrial Standard).

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Datasheet BME280. https://www.alldatasheet.com/datasheetpdf/pdf/1132060/BOSCH/ BME280.html. Diakses pada tanggal 07 September 2021.
[2] A. Nisa, “Pemanfaatan Teknologi Internet of Things Untuk Monitoring Konsentrasi CO dan CO2 Dalam Upaya Mendeteksi Kebakaran Hutan”, Makassar: Departemen Teknik Informatika Universitas Hasanuddin, 2018.
[3] Prasetyo Y., Ivan P.S., dan Qisthi Al Hazmi HR., “Sistem Pemantauan Suhu dan Kelembaban Ruangan Secara Real-Time Berbasis Web Server”, Journal of Technology and Informatics (JoTI), Vol 1, No.1, pp. 56-60, Oktober Tahun 2019.
[4] R.A. Putra, “Implementasi Sistem Monitoring Dan Penyiraman Tanaman Otomatis Berbasis Internet Of Things Menggunakan K-Nearest Neighbour”, Malang: Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, 2020.
[5] R. Habibi, “Teknologi Internet of Things pada STMIK BINA PATRIA”, Transformasi, vol. XIII, no. 1, p.1, 2017.
[6] O. Sanjaya, “Rancang Bangun Sistem Penyiraman Tanaman Otomatis Berbasis Internet Of Things Melalui BLYNK Sebagai Penunjang Urban Farming”, Jember: Jurusan Teknik Elektro Universitas Jember, 2018.
[7] T.P. Satya dan F. Puspasari, “Kajian Ketidakpastian Pengukuran Suhu dan Kelembaban Udara Pada Sensor DHT22 Berbasis Arduino Uno”, Jurnal Ilmu Fisika, Vol.11, No.2, pp.102-110, September Tahun 2019.
Published
2022-08-26
How to Cite
AWALUDDIN, Muhammad et al. Rancang Bangun Prototipe Monitoring Suhu dan Kelembaban Udara Berbasis Internet Of Things (IOT) Pada Laboratorium Kalibrasi Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Samarinda. Progressive Physics Journal, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 132-141, aug. 2022. ISSN 2722-7707. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/ppj/article/view/910>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.30872/ppj.v3i1.910.