Solusi Numeris Persamaan Saint Venant pada Lateral Flow Aliran Terbuka di Kanal Sempaja

  • Indri asri Raming Universitas Mulawarman
  • Itsar Mangngiri Program Studi Matematika FMIPA Universitas Mulawarman
  • Anis Mujiyarti Program Studi Matematika FMIPA Universitas Mulawarman
  • Rara Suciati Program Studi Matematika FMIPA Universitas Mulawarman
  • Maulidhina Syafitri Program Studi Matematika FMIPA Universitas Mulawarman
  • Riski Alfira Wulandari Program Studi Matematika FMIPA Universitas Mulawarman
  • Mushalifah Mushalifah Program Studi Matematika FMIPA Universitas Mulawarman

Abstract

Banjir merupakan suatu kejadian yang ditandai dengan naiknya mukai air melebihi kapisitas volume tampungan air, semisal sungai atau saluran air. Banjir juga dapat diprediksi dengan melihat fenomena alam seperti curah hujan. Penelitian dilakukan dengan mencari data langsung ke lapangan yang terkena dampak banjir di Samarinda. Model matematika diperoleh dalam bentuk persamaan Saint Venant dan diselesaikan dengan cara numerik atau menggunakan metode beda hingga Skema Lax-Friedrichs. Kemudian, setelah menemukan model matematika yang dibutuhkan, akan dilanjutkan dengan memasukkan data hasil observasi. Adapun tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan  later  flow dan kedalaman air pada saluran terbuka serta menentukan cara mengatasi banjir menggunakan model matematika serta sebagai upauya untuk mengurangi dampak yang merugikan akibat banjir

References

[1]Hasan, Yulianto, T., Amalia, R., Faisol. Penerapan metode beda hingga pada model matematika aliran banjir dari persamaan Saint Venant. Zeta-Math Journal,2 (1): 6-12.
[2]Anwar Y., Setyasih I., Ningrum R.V., Jedo A. (2022). Dampak Bencana Banjir Terhadap Ekonomi Masyarakat di Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda. Jurnal Pendidikan Geografi, 9(1): 40-48.[3]Makrup, L. (2001). Dasar-Dasar Analisis Aliran di Sungai dan Muara. Universitas Islam Indonesia Press. Yogyakarta.
[4]Gunduz, O., (2012). ENV5056 Numerical Modeling of Flow and Contaminant Transportin Rivers. Turkey: Department of Enviromental Engineering.
[5]Savenije, H.H.G. (2012). Salinity and Tides in Alluvial Estuaries. Second Completely Revised Edition ed. New York: Elsevier. p.31.
Published
2022-09-30
How to Cite
RAMING, Indri asri et al. Solusi Numeris Persamaan Saint Venant pada Lateral Flow Aliran Terbuka di Kanal Sempaja. Basis : Jurnal Ilmiah Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 115-127, sep. 2022. ISSN 2962-6013. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/Basis/article/view/980>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.30872/basis.v1i1.980.