Simulasi Antrean Pelayanan Nasabah pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Timbau Tenggarong menggunakan Aplikasi Promodel

  • Vika Novitasari Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Mulawarman
  • Syaripuddin Syaripuddin Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Mulawarman
  • Fidia Deny Tisna Amijaya Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Mulawarman

Abstract

Teori antrean adalah teori model yang menyangkut studi matematis dari antrean-antrean atau baris-baris penunggu. Fenomena antrean yang dibahas pada penelitian ini adalah, laju kedatangan, laju pelayanan, ukuran kinerja sistem dan rancangan sistem antrean pelayanan nasabah BRI dengan sistem antrean jalur berganda (M/M/s). Hasil analisis menunjukkan bahwa laju pelayanan nasabah BRI yaitu 75 nasabah per tiga jam dengan laju pelayanan yaitu 32 orang perjam. Penghitungan ukurab kinerja efisien untuk kualitas pelayanan nasabah BRI dengan satu jalur antrean yang diterapkan sudah efisien dan dapat dipertahankan karena kinerja sistem antrean diperoleh Probabilitas adanya 0 nasabah dalam sistem (P0) sebesar 0.000005, permintaan rata –rata nasabah dalam sistem (Ls) sebesar 2,070, jumlah rata-rata nasabah dalam antrean (Lq) yaitu sebanyak 0,09 orang, waktu tunggu rata-rata dalam sistem (Ws) yaitu selama 0,075 jam per orang, dan waktu tunggu rata-rata dalam antrean (Wq) yaitu selama 2,054 jam per orang, dan didapat peluang sibuk teller (p) sebesar 98%. Hasil semulasi antrean menggunakan software Promodel diperoleh bahwa antrean dengan menggunakan 2 teller masih kurang baik dikarenakan nasabah yang mengantri masih terlalu panjang dan tingkat kesibukan teller masih terlalu tinggi, kemudian dibuat simulasi menggunakan 3 teller dan 4 teller diperoleh hasil jumlah teller yang cukup baik untuk melayani nasabah pada bank tersebut adalah dengan menggunakan 3 teller

References

[1] Hasan, I. (2011). Model Optimasi pelayanan Nasabah Berdasarkan Metode Antrean (Queuing System). Jurnal Keuangan Dan Perbankan 15, no.1, 151.
[2] Anggoro, S.B. (2015). Sejarah Teori Peluang Dan statistika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 1, 14.
[3] Heizer, J. dan Render, B. (2005). Manajemen Operasi Edisi Ketujuh. Jakarta: Salemba Empat.
[4] Irjani, dan Mulya, A.A. (2012). Optimalisasi Kualitas Layanan Melalui Analisis Antrian Pada Pusat Pelayanan Mahasiswa Di Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram. Jurnal Beta 5, no. 2, 128.
[5] Schroeder. (1997). Manajemen Operasi Pengambilan Keputusan dalam Fungsi Operasi Jilid II Edisi Ketiga. Erlangga; Jakarta
[6] Mulyono, S. (1996). Riset Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
[7] Riyanto, A. (2011). Aplikasi Metodologi Penelitian kesehatan (hal. 65-82). Yogyakarta: Nuha Medika.
[8] Siagian, P. (1987). Penelitian Operasional Teknik dan Praktek. Jakarta: Penerbit UI Press.
[9] Schroeder. (1997). Manajemen Operasi Pengambilan Keputusan dalam Fungsi Operasi Jilid II Edisi Ketiga. Erlangga; Jakarta
[10] Hillier, F. S., & Lieberman, G. J. (2014). Introduction to Operations Research Seventh Edition. New York: McGraw-Hill
Published
2022-09-30
How to Cite
NOVITASARI, Vika; SYARIPUDDIN, Syaripuddin; AMIJAYA, Fidia Deny Tisna. Simulasi Antrean Pelayanan Nasabah pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Timbau Tenggarong menggunakan Aplikasi Promodel. Basis : Jurnal Ilmiah Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 30-40, sep. 2022. ISSN 2962-6013. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/Basis/article/view/978>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.30872/basis.v1i1.978.