Analisis Model Penelusuran Banjir Gelombang Difusi dengan Metode Duffort-Frankel di Wilayah Sungai Karang Mumus

  • Indri asri Raming Universitas Mulawarman
  • Alif Jabar Program Studi Matematika FMIPA Universitas Mulawarman
  • Rosi Rosi Program Studi Matematika FMIPA Universitas Mulawarman
  • Riska Nur Sofiatunisa Program Studi Matematika FMIPA Universitas Mulawarman
  • Rico Dwi Cahyono Program Studi Matematika FMIPA Universitas Mulawarman
  • Raka Putra Pridiptama Program Studi Matematika FMIPA Universitas Mulawarman

Abstract

Banjir adalah salah satu bencana yang sangat merugikan karena debit air yang masuk ke saluran melebihi batas kapasitas oleh karena itu perlu dilakukan penelusuran banjir. Penelusuran banjir merupakan metode yang tepat dan mudah untuk melakukan prakiraan banjir. Kelebihan dari metode Dufort-Frankel untuk penyelesaian model ini adalah belum ada yang menggunakan sebelumnya untuk model ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis model penelusuran banjir gelombang difusi dengan menggunakan metode beda hingga Dufort-Frankel, mengetahui pengaruh kecepatan aliran rata-rata yang berbeda terhadap ketinggian air pada aliran sungai. Metode ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecepatan aliran rata-rata terhadap ketinggian sungai. Hasil simulasi dengan menggunakan metode Dufort-Frankel menunjukkan bahwa semakin menjauhi hulu sungai maka semakin rendah tinggi aliran sungai tersebut. Selanjutnya dengan menginputkan kecepatan aliran rata- rata (v) yang berbeda maka didapatkan semakin besar kecepatan aliran rata-rata (v) maka semakin rendah ketinggian aliran sungai. Dari hukum fisika tersebut berarti bahwa ketinggian aliran berbanding terbalik dengan kecepatan aliran. Sehingga dengan mengetahui perubahan kecepatan aliran pada daerah hulu maka dapat diprediksi seberapa besar perubahan ketinggian air yang akan terjadi pada setiap titik- titik pengamatan pada bagian hilir ruas saluran atau sungai tersebut.

References

[1] Siing, M., dan Basuki, W. (2011). Penyelesaian Numerik Model Penelusuran Banjir Gelombang Difusi Menggunakan Metode Volume Hingga. Prosiding Seminar Nasional Penelitian,Pendidikan dan Penerapan MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.M77-M84.
[2] Gosiorowski, D., dan Szymkiewicz, R. (2007). Mass And Momentum ConservationIn The Simplified Flood Routing Models. Jurnal of Hydrology, 346: 51-58.
[3] Novak,P., Guinot,V., Jeffrey,A. and Reeve,D.E.(2010). Hydraulic Modelingan Introduction. Principles, Methods and Application. NewYork:SponPress.
[4] Chagas, P.F.(2010). Aplication of Mathematical Modeling to Study Flood Wave Behavior in Natural Rivers as Function of Hydraulic and Hydrological Parameters of the Basin. Hydrology Day
[5] Siswanto,H., Purnomo,K.D., dan Kusbudiono.(2014). Penentuan Harga Opsi Pada Model Balck-Scholes Menggunakan Metode Beda Hingga Dufort Frankel. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember.329-335.
[6] Alman,Kusuma,J., dan Amiruddin.(2013). Penyelesaian Numerik Persamaan Adveksi Difusi 2-D Untuk Transfer Polutan dengan Menggunakan Metode Beda Hingga Dufort Frankel. Jurnal Matematika, 1-14. Universitas Hasanudin.
[7] Tikno, S.(2002). Penerapan Metode Penelusuran Banjir (Flood Routing) untuk Program Pengendalian dan Sistem Peringatan Dini Banjir Kasus: Sungai Ciliwung. Jurnal sains dan Teknologi Modifikasi Cuaca, Universitas Diponegoro. 53-60.
[8] Kodoatie,R.(2002).Hidrolika Terapan Aliran Pada Saluran Terbuka dan Pipa.Yogyakarta:Andi.
[9] Caretto,L.(2002).Computational Fluid Dynamics. California:University Nortridge
Published
2022-09-30
How to Cite
RAMING, Indri asri et al. Analisis Model Penelusuran Banjir Gelombang Difusi dengan Metode Duffort-Frankel di Wilayah Sungai Karang Mumus. Basis : Jurnal Ilmiah Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 106-114, sep. 2022. ISSN 2962-6013. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/Basis/article/view/976>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.30872/basis.v1i1.976.