Aplikasi Game Theory pada Analisis Strategi Pemasaran Jasa Transportasi Online di FMIPA Universitas Mulawarman

Aplikasi Game Theory

  • Dewi Satriani FMIPA Universitas Mulawarman
  • Wasono Wasono Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Darnah Andi Nohe Program Studi Statistika FMIPA Universitas Mulawarman

Abstract

Di Indonesia saat ini sedang berkembang pesat beberapa transportasi online, diantaranya adalah Gojek dan Grab. Kedua perusahaan transportasi online tersebut saling bersaing untuk mendapatkan konsumen dengan melakukan strategi tertentu yang diterapkan oleh perusahaan. Banyak strategi pemasaran yang dilakukan untuk memperoleh keuntungan yang banyak maupun memperkecil kerugian yang besar, salah satunya adalah menerapkan model matematika yaitu game theory. Game theory merupakan suatu model matematika yang biasa digunakan dalam situasi konflik atau persaingan antara berbagai kepentingan yang bersaing sebagai pesaing. Keuntungan bagi yang satu adalah kerugian bagi yang lain. Tujuan yang akan dicapai dalam game theory pada penelitian ini adalah memperoleh strategi optimal pada masing-masing pemain Gojek maupun Grab. Pada permainan berjumlah nol-dua pemain, terdapat dua penyelesaian yaitu strategi murni dan strategi campuran. Pada penelitian ini hasil analisis  tidak dapat diselesaikan dengan strategi murni sehingga digunakan strategi campuran. Hasil penelitian diperoleh nilai permainan optimal pada Gojek dan Grab yaitu 6,68. Gojek memperoleh strategi optimal yaitu hemat biaya dan aman dengan nilai peluang masing-masing adalah 0,778 dan 0,222. Grab juga menggunakan strategi hemat biaya dan aman tetapi nilai peluang masing-masing 0,667 dan 0,333.

References

[1] Pontas M. Pardede. 2005.Manajemen Operasi dan Produksi. Yogyakarta: Andi.
[2] Putri, B.R.T. (2017). Manajemen Pemasaran. Bali: Universitas Udayana.
[3] Anggraini, D., & Putra, N. W. (2017). Aplikasi Logika Fuzzy Dalam Teori Permainan Untuk Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus: Persaingan Alfamart Dan Indomaret). In Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1, Pp. 81-87).
[4] Donoriyanto, D. S. (2010). Penentuan Strategi Pemasaran Produk Minuman Energi Dengan Teori Permainan (Game Theory) Untuk Meningkatkan Minat Konsumen di Wilayah Surabaya Timur. Jurnal Penelitian Ilmu Teknik, 10(1), 11-18.
[5] Tobing, T. P. L. (2018). Strategi Kompetisi Antar Gojek dan Grab dengan menggunakan Game Theory. Universitas Sumatra Utara.
Published
2022-09-30
How to Cite
SATRIANI, Dewi; WASONO, Wasono; NOHE, Darnah Andi. Aplikasi Game Theory pada Analisis Strategi Pemasaran Jasa Transportasi Online di FMIPA Universitas Mulawarman. Basis : Jurnal Ilmiah Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 85-94, sep. 2022. ISSN 2962-6013. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/Basis/article/view/939>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.30872/basis.v1i1.939.