Pengaruh Keaktifan Pengurus BEM KM UBB 2023-2024 terhadap Hasil Pembelajaran Akademik Menggunakan Uji Wilcoxon
DOI:
https://doi.org/10.30872/7mdkss70Keywords:
badan eksekutif mahasiswa, indeks prestasi kumulatif, organisasi, Uji WilcoxonAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan mahasiswa di dalam organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiwa Universitas Bangka Belitung (BEM KM UBB) pada periode kepengurusan 2023-2024 terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan pandangan mahasiswa terhadap organisasi, dimana sebagian menganggap organisasi BEM KM UBB sebagai sarana mengembangkan diri dan sebagian menganggap kegiatan organisasi menghambat akademik. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer berupa data indeks prestasi kumulatif mahasiswa sebelum dan sesudah megikuti organisasi BEM KM UBB yang diperoleh melalui angket online. Uji normalitas Kolmogorov-Smirnov yang dilakukan menunjukan bahwa data tidak berdistribusi normal, sehingga diperlukan analisis lanjutan dengan metode statistik nonparametrik yaitu Uji Wilcoxon. Hasil dari analisis yang dilakukan menunjukan adanya penurunan rata-rata indeks prestasi kumulatif setelah mahasiswa mengikuti organisasi. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,042 (p < 0,05) yang artinya terdapat perbedaan indeks prestasi kumulatif yang signifikan ketika sebelum dan sesudah mengikuti organisasi BEM KM UBB. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan organisasi BEM KM UBB terhadap hasil pembelajaran atau indeks prestasi kumulatif mahasiswa, baik secara positif melalui peningkatan soft skill, hard skill, dan kompetensi kepemimpinan, maupun secara negatif seperti penurunan prestasi akademik ketika manajemen waktu yang kurang baik.
References
[1] Alexandro, R., Putri, W. U., & Hariatama, F. (2022). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UPR. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 13(1), 38–50. https://doi.org/10.37304/jikt.v13i1.147
[2] Asqia, N., & Wahyuni, S. (2024). Analisis Keaktifkan Berorganisasi Terhadap IPK Mahasiswa Paud Institut Agama Islam Negeri Parepare. Jurnal Tawadhu, 8(2), 140–152.
[3] Atti, A., Kleden, M. A., & Lobo, M. (2021). Prediksi Lama Masa Studi Mahasiswa Program Studi Matematika Berdasarkan IPK. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14(1), 114–124.
[4] Budiono, & Prasetia, A. (2022). Studi Perbandingan Hasil Uji Wilcoxon Pada Data Hasil Pengukuran Dan Hasil Kategori Data Penelitian Kesehatan Tingkat Stress Tekanan Darah Dan Motorik Halus. Jurnal Ilmiah Pamenang, 4(2), 8–15. https://doi.org/10.53599/jip.v4i2.94
[5] Fauzi, M. Z. (2025). Hubungan Tingkat Keakftifan Mahasiswa Berorganisasi terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(2), 595–608.
[6] Hartanti, D. R., Asyah, A. R. R., Putri, S. S., Lobo, Y. G. B., Ariyani, E., Diajeng, D., Ghurri, A., Andriana, L. M., & Ningsih, A. W. (2024). Penerapan Uji Wilcoxon Dalam Bidang Kefarmasian. Jurnal Farmasi IKIFA, 3(1), 1–12.
[7] Hastari, B. W., Gandasari, D., & Harry. (2020). Analisis Tingkat Pengetahuan Peternak Domba dengan Menggunakan Uji T dan Wilcoxon di Kelompok Tani Maju. Jurnal Penyuluhan Pertanian, 15(1), 1–7.
[8] Kosasih, K. (2017). Peranan Organisasi Kemahasiswaan Dalam Pengembangan Civic Skills Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), 188. https://doi.org/10.17509/jpis.v25i2.6196
[9] Luailiyah, A., Hilmi, Z. A., & Sahariani, M. (2022). Pengaruh Keaktifan Organisasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Plexus Medical Journal, 1(3), 114–121. https://doi.org/10.20961/plexus.v1i3.45
[10] Nasar, A., Saputra, D. H., Arkaan, M. R., Ferlyando, M. B., Andriansyah, M. T., & Pangestu, P. D. (2024). Uji Prasyarat Analisis. JEBI: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(6), 786–799.
[11] Nurhaswinda, Zulkifli, A., Gusniati, J., Zulefni, M. S., Afendi, R. A., Asni, W., & Fitriani, Y. (2025). dengan Tutorial uji normalitas dan menggunakan aplikasi SPSS uji homogenitas. Jurnal Cahaya Nusantara, 1(2), 55–68.
[12] Pratama, R. W., Malkan, K., Budi, M. S., & Riyanto, A. S. M. (2024). Tingkat Kunjungan Wisatawan Bali pada Pra-COVID-19 dan Pasca-COVID-19 Menggunakan uji Wilcoxon. Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 1254–1263.
[13] Pratami, A., & Winarti, P. A. (2024). Gambaran resiliensi akademik pada mahasiswa yang mengikuti organisasi. Prosiding Seminar Psikologi Pendidikan Ke-1 Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (APPI) Wilayah Jawa Barat, 1, 1–17.
[14] Pratiwi, D. A., Luthfiyaturrohmah, K., Sulastri, & Pramita, A. (2024). Pengaruh Keaktifan Organisasi Kemahasiswaan terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Bangka Belitung Menggunakan Uji Wilcoxon. Jurnal Fraction, 4(2), 58–66.
[15] Rahman, N., & Abdullah, A. F. A. (2021). Pengaruh Keikutsertaan Mahasiswa pada Organisasi Mahasiswa Terhadap Indeks Prestasi. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial.
[16] Riandhany, D. N., & Puadi, E. F. W. (2023). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 223–234. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.160
[17] Rudianto, D., Putri, N. N., Said, M., Anjani, J. M., Erliyani, F., & Muliawati, T. (2020). Pengaruh Hubungan E-learning Dalam Mata Kuliah MAFIKI di Institut Teknologi Sumatera Menggunakan Metode Wilcoxon. Original Article Indonesian Journal of Applied Mathematics, 1(1), 1–5. https://journal.itera.ac.id/index.php/indojam
[18] Sari, R. N., Nazmi, R., & Zulfa. (2021). Pengaruh Game Word Wall Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas X Mipa Sma 2 Lubuk Basung. Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 76–83. https://doi.org/10.24114/ph.v6i2.28828