Analisis Teori Antrean Berstruktur Multiple Channel Single Phase (MCSP) dengan Disiplin Antrean First Come First Served (FCFS) pada Sistem Pelayanan Kasir di Pramuka Mart Kota Samarinda

  • Anis Mujiyarti Laboratorium Matematika Komputasi, Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Mulawarman
  • Wasono Wasono Laboratorium Matematika Komputasi, Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Mulawarman
  • Sri Wigantono Laboratorium Matematika Komputasi, Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Mulawarman

Abstract

Antrean digunakan untuk meminimalkan banyaknya pelanggan menunggu dan jumlah fasilitas layanan yang digunakan. Masalah antrean dalam penelitian ini adalah rata - rata kedatangan pelanggan, rata - rata waktu pelayanan, dan jumlah kasir yang kurang optimal pada sistem pelayanan kasir di Pramuka Mart. Pada kondisi waktu tertentu, Pramuka Mart memiliki jumlah pelanggan yang ramai sehingga menyebabkan terjadinya antrean. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata - rata kedatangan pelanggan, waktu rata - rata pelayanan, dan pengoptimalan jumlah kasir yang memiliki bentuk struktur antrean Multiple Channel Single Phase dengan model antrean \[M/M/2\]. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data jumlah kedatangan dan waktu pelayanan pelanggan yang melakukan pembayaran pada sistem pelayanan kasir di Pramuka Mart. Pengambilan data dilakukan selama \[14\] hari mulai pukul 08.00-15.00 WITA. Hasil analisis kondisi steady state menunjukkan rata - rata kedatangan pada kondisi sepi adalah \[45\]  orang, kondisi normal adalah \[64\] orang, dan kondisi ramai adalah \[84\] orang. Analisis kondisi Steady State yang dilakukan memperoleh hasil waktu rata - rata pelayanan pelanggan adalah \[68\] orang per jam. Hasil analisis diperoleh bahwa jumlah kasir optimal yang digunakan pada kondisi sepi adalah \[2\] kasir, kondisi normal adalah \[2\] kasir, dan kondisi ramai adalah \[3\] kasir.

References

[1] Molla, M. A.-A. (2017). Case Study for Shuruchi Restaurant Queuing Model. IOSR Journal of Business and Management, 19(02), 93–98.
[2] Atdha, V. N., & A, E. N. (2019). Analisis Sistem Antrian dalam Meningkatkan Pelayanan Customer di PT. Optima Kurnia Elok. Jurnal Optimasi Teknik Industri, 1(2), 10–13.
[3] Nurhayati. R.,Arifiya. R., Putri.W.C.G.,Nugraha.G.K., Y. (2020). Analisis Penerapan Teori Antrean pada Usaha Nasi Bebek Pedas Khas Madura Nor Aini. Journal of Management.
[4] Wresni Anggraini, H. (2019). Simulasi Model Antrian Multiple Channel Single Phase pada Sistem Pelayanan Kasir First Come First Served (Studi Kasus: GIANT Hypermarket Panam Pekanbaru). Prosiding Seminar Nasional IENACO-2014, 433–439.
[5] Kakiay Tjomas J. (2004). Dasar Teori Antrian untuk Kehidupan Nyata. : Andi.
[6] Bataona.V.L.B, Nyoko.L.E, A., & Nursani, P. N. (2020). Analisis Sistem Antrean dalam Optimalisasi Pelayanan Supermarket Hypstore. Journal of Management (SME’s), 12(2), 225–237.
[7] Putri, W. S., & Ahmad, D. (2020). Penerapan Teori Antrian pada Pelayanan Teller Bank BNI Kantor Cabang Pembantu Air Tawar. Journal Of Mathematics UNP, 3(1), 90–94.
[8] Sya’diyah, E., & Suryowati, K. (2017). Analisis Sistem Antrian pada Pelayanan Teller di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kota Tegal. Jurnal Statistika dan Komputasi, 2(1), 12–20.
[9] Proyogo, D. D., Pondaag, J. J., & Tumewu, F. (2017). Analisis Sistem Antrian dan Optimalisai Pelayanan Teller pada PT. Bank Sulutgo. Jurnal EMBA, 5(2), 928–934.
[10] Murdifin, H., Ramlawati, Suriyanti, & Imanuddin. (2017). Operation Research: Teknik Pengambilan Keputusan Optimal (Fatmawati Bunga Sari (ed.)). PT. Bumi Askara.
[11] Heizer, J., & Render, B. (2005). Manajemen Operasi Edisi Ketujuh. :Salemba Empat.
[12] Sari, I. P., Batubara, I. H., Ramadhani, F., & Wardani, S. (2022). Perancangan Sistem Antrian pada Wahana Hiburan dengan Metode First In First Out (FIFO). Sudo Jurnal Teknik Informatika, 1(3), 116–123.
[13] Bronson Richard. (1991). Teori dan Soal-soal Operatiom Research. :Erlangga.
[14] Rohmaniah, S. A., Masnikafah, S., & Pradana, M. S. (2021). Analisis Sistem Antrian Pasien Rawat Jalan Menggunakan Distribusi Poisson dan Distribusi Erlang. Unisda Journal of Mathematics and Computer Science (UJMC), 7(2), 39–48.
[15] Sari, N. P., Sugito, & Warsito, B. (2016). Penerapan Teoari Antrian pada Pelayanan Teller Bank X kantor Cabang Pembantu Putri Sentra Niaga. Jurnal Gaussian, 6, 81–90.
Published
2024-03-26
How to Cite
MUJIYARTI, Anis; WASONO, Wasono; WIGANTONO, Sri. Analisis Teori Antrean Berstruktur Multiple Channel Single Phase (MCSP) dengan Disiplin Antrean First Come First Served (FCFS) pada Sistem Pelayanan Kasir di Pramuka Mart Kota Samarinda. Basis : Jurnal Ilmiah Matematika, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 26-37, mar. 2024. ISSN 2962-6013. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/Basis/article/view/1213>. Date accessed: 09 may 2024. doi: https://doi.org/10.30872/basis.v3i1.1213.