Analisis Teori Antrean Berstruktur Multiple Channel Single Phase (MCSP) dengan Disiplin Antrean First Come First Served (FCFS) pada Sistem Pelayanan Kasir di Pramuka Mart Kota Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/basis.v3i1.1213Keywords:
antrean, model antrean, struktur antreanAbstract
Antrean digunakan untuk meminimalkan banyaknya pelanggan menunggu dan jumlah fasilitas layanan yang digunakan. Masalah antrean dalam penelitian ini adalah rata - rata kedatangan pelanggan, rata - rata waktu pelayanan, dan jumlah kasir yang kurang optimal pada sistem pelayanan kasir di Pramuka Mart. Pada kondisi waktu tertentu, Pramuka Mart memiliki jumlah pelanggan yang ramai sehingga menyebabkan terjadinya antrean. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata - rata kedatangan pelanggan, waktu rata - rata pelayanan, dan pengoptimalan jumlah kasir yang memiliki bentuk struktur antrean Multiple Channel Single Phase dengan model antrean \[M/M/2\]. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data jumlah kedatangan dan waktu pelayanan pelanggan yang melakukan pembayaran pada sistem pelayanan kasir di Pramuka Mart. Pengambilan data dilakukan selama \[14\] hari mulai pukul 08.00-15.00 WITA. Hasil analisis kondisi steady state menunjukkan rata - rata kedatangan pada kondisi sepi adalah \[45\] orang, kondisi normal adalah \[64\] orang, dan kondisi ramai adalah \[84\] orang. Analisis kondisi Steady State yang dilakukan memperoleh hasil waktu rata - rata pelayanan pelanggan adalah \[68\] orang per jam. Hasil analisis diperoleh bahwa jumlah kasir optimal yang digunakan pada kondisi sepi adalah \[2\] kasir, kondisi normal adalah \[2\] kasir, dan kondisi ramai adalah \[3\] kasir.