Penerapan Aljabar Max-Plus pada Pengaturan Durasi Waktu Lalu Lintas di Simpang Empat Air Putih Samarinda

  • Leniy Eka Watiy Universitas Mulawarman
  • Syaripuddin Syaripuddin Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Mulawarman
  • Qonita Qurrota A'yun Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Mulawarman

Abstract

Aljabar max-plus dapat digunakan untuk memodelkan dan menganalisis masalah jaringan secara aljabar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan aljabar max-plus pada pengaturan durasi waktu lampu lalu lintas di simpang empat Air Putih Samarinda. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer berupa durasi waktu lampu lalu lintas. Kemudian, disusun graf yang menggambarkan kondisi persimpangan dan merepresentasikan arah dari pergerakan masing-masing jalur. Selanjutnya disusun aturan sinkronisasi yang sesuai dengan graf sehingga diperoleh model aljabar max-plus. Dari model aljabar max-plus, dapat diperoleh pengaturan waktu nyala lampu lalu lintas dan keperiodikannya berdasarkan hasil perhitungan vektor eigen dan nilai eigen model. Durasi waktu lampu lalu lintas yang diperoleh dari hasil perhitungan ini akan dianalisis dengan membandingkan hasil perhitungan dengan data awal.

References

[1] Hanna, R., Kreindler, G. dan Olken, B.A. (2017). Citywide effects of high-occupancy vehicle restrictions: Evidence from “three-in-one” in Jakarta. Journal Science. 357(6346), 89-93.
[2] Hurit, R.U. dan Rudhito, A. (2019). Max-plus algebraic modeling of three crossroad traffic queue systems with one underpass. Journal of Physics: Conference Series 1307 012013.
[3] Iswati, R.P.E. (2017). Analisis Durasi Nyala Lampu Lalu Lintas pada Persimpangan Berdekatan Dengan Penerapan Aljabar Max-Plus (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.
[4] Lazuardi, Rizki, Musthofa. (2013). Pengaturan Durasi Waktu Nyala Lampu Lalu Lintas di Persimpangan Gondomanan dengan Menggunakan Aljabar Max-Plus. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(4).
[5] Mufidah, N. (2018). Pemodelan Antrean Kendaraan Bermotor Menggunakan Model Antrean M/M/1 di Simpang Tiga Ringroad Utara Yogyakarta Pada Pagi Hari dan Sore Hari (Skripsi). Universitas Islam Indonesia.
[6] Pradanti, P. dan Sari, M.R.A. (2016). Penggunaan aljabar max-plus dalam pengaturan waktu nyala lampu lalu lintas. Prosiding Seminar Nasional Aljabar, Penerapan dan Pembelajarannya. Universitas Sanata Dharma.
[7] Prastiwi, L. dan Listiana, Y. The Aplication of Max-Plus Algebra to Determine The Optimal Time of Ikat Kupang Woven Production. International Journal Of Computing Science and Applied Mathematics, 3(2), 77-80.
[8] Subiono. (2015). Aljabar Min-Max Plus dan Terapannya (Modul). Surabaya: Jurusan Matematika FMIPA ITS.
[9] Wibowo, A., Wijayanti, K. dan Veronica, R. (2018). Penerapan Aljabar Max-Plus pada Pengaturan Sistem Antrean Traffic Light. UNNES Journal of Mathematics, 7(2), 192-205.
Published
2023-03-31
How to Cite
WATIY, Leniy Eka; SYARIPUDDIN, Syaripuddin; A'YUN, Qonita Qurrota. Penerapan Aljabar Max-Plus pada Pengaturan Durasi Waktu Lalu Lintas di Simpang Empat Air Putih Samarinda. Basis : Jurnal Ilmiah Matematika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 57-65, mar. 2023. ISSN 2962-6013. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/Basis/article/view/1117>. Date accessed: 20 may 2024. doi: https://doi.org/10.30872/basis.v2i1.1117.