Aplikasi Pemrograman Integer pada Masalah Penjadwalan Mata Pelajaran di SMPN 4 Tanah Grogot

  • Ahmad Topik Universitas Mulawarman
  • Syaripuddin Syaripuddin Lab Matematika Komputasi, Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Mulawarman
  • Qonita Qurrota A'yun Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Mulawarman

Abstract

Penjadwalan mata pelajaran sekolah adalah penentuan mata pelajaran, hari sesi dimulainya dan ruangan yang akan digunakan di sekolah untuk kegiatan belajar-mengajar. Masalah penjadwalan mata pelajaran sering ditemukan di sekolah-sekolah termasuk SMPN 4 Tanah Grogot. Di antara metode untuk menyelesaikan masalah penjadwalan adalah dengan pemrograman integer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan model penjadwalan optimal mata pelajaran SMPN 4 Tanah Grogot menggunakan model pemrograman integer. Pada penelitian ini model penjadwalan mata pelajaran SMPN 4 Tanah Grogot dibatasi hanya untuk data kelas VIII saja. Data diperoleh dari bidang kurikulum SMPN 4 Tanah Grogot yang meliputi tiga kelas VIII, sepuluh mata pelajaran, enam hari aktif sekolah dengan tiga sesi pembelajaran per hari dan 22 guru. Dari 22 guru tersebut, terdapat dua guru Agama, dua guru PPKN, tiga guru Bahasa Indonesia, tiga guru Matematika, lima guru IPA, tiga guru IPS, tiga guru Bahasa Inggris, dua guru Seni Budaya, dua guru Olahraga dan dua guru Prakarya. Terdapat lima guru yang mengajar lebih dari satu mata pelajaran. Model masalah penjadwalan yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa model pemrograman nonlinier integer. Solusi optimal diperoleh dengan menyelesaikan model menggunakan software LINGO 11.0 yaitu penjadwalan mata pelajaran dengan 15 guru nomor urut tertentu yang mengajar mata pelajaran sesuai bidang yang dikuasai. Terdapat juga tujuh guru yang tidak mengajar di kelas VIII.

References

[1] Taha, A.H. (2014). Riset Operasi. Jilid 2. Tangerang: Binarupa Aksara Publisher.
[2] Supatimah, S.S., Farida, F., & Andriani, S. (2019). Optimasi Keuntungan dengan Metode Branch and Bound. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10 (1), 13-23.
[3] Suryati, P., & Kurniawati, D. (2016). Aplikasi Penjadwalan Kaos dengan Metode Branch and Bound. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 1 (2).
[4] Lesmana, N.I. (2016). Penjadwalan Produksi untuk Meminimalkan Waktu Produksi dengan Menggunakan Metode Branch and Bound. Jurnal Teknik Industri, 17 (1), 42-50.
[5] Winston, W.L. (2004). Operations Research Applications and Algorithms. New York: Duxbury.
[6] Mile, A.R., Katili, M.R., & Nurwan, N. (2022). Penjadwalan Mata Pelajaran Menggunakan Integer Nonlinear Programming. Research in the Mathematical and Natural Sciences, 1 (1), 12-18.
Published
2023-03-31
How to Cite
TOPIK, Ahmad; SYARIPUDDIN, Syaripuddin; A'YUN, Qonita Qurrota. Aplikasi Pemrograman Integer pada Masalah Penjadwalan Mata Pelajaran di SMPN 4 Tanah Grogot. Basis : Jurnal Ilmiah Matematika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 39-46, mar. 2023. ISSN 2962-6013. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/Basis/article/view/1014>. Date accessed: 17 june 2024. doi: https://doi.org/10.30872/basis.v2i1.1014.