Optimalisasi biaya dan waktu pelaksanaan pembangunan rumah tinggal di Kecamatan Rantau Pulung Kutai Timur menggunakan Critical Path Method (CPM) dan Program Evaluation and Review Technique (PERT)

  • Sendy Clara Aprillia Universitas Mulawarman
  • Wasono Wasono Lab Matematika Komputasi, Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Mulawarman
  • Qonita Qurrota A'yun Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Mulawarman

Abstract

Pelaksanaan proyek-proyek berskala kecil ataupun berskala besar membutuhkan perencanaan, penjadwalan serta pengkoordinasian yang baik. Dalam riset operasi terdapat teknik Penjadwalan proyek untuk memecahkan persoalan pengelolaan suatu proyek. Di antara metode untuk meyelesaikan masalah penjadwalan proyek adalah Critical Path Method (CPM) dan Program Evaluation And Review Technique (PERT). Metode CPM digunakan untuk mengoptimalkan biaya proyek melalui pengurangan waktu penyelesaian proyek. Sedangkan, metode PERT lebih menekankan pengoptimalan waktu penyelesaian proyek dengan tiga taksiran waktu yaitu waktu optimistik, waktu realistik dan waktu pesimistik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengoptimalan biaya dan waktu pelaksanaan pembangunan rumah tinggal di kecamatan Rantau Pulung Kutai Timur. Data yang digunakan adalah jenis pekerjaan dan waktu penyelesaian proyek serta biaya upah pekerja yang perhitungannya dibantu Software Lingo. Hasil analisis menunjukkan bahwa durasi minimum penyelesaian proyek rumah tinggal di Kecamatan Rantau Pulung Kutai Timur dengan metode PERT adalah selama 40 hari. Adapun hasil optimalisasi dengan metode CPM adalah selama 39 hari dan dapat dipercepat 14 hari dengan biaya upah pekerja sebesar Rp34.930.000,- atau bertambah sebesar Rp805.000,- dari biaya upah pekerja pada waktu normal


 


Kata Kunci:


Critical Path Method (CPM), Penjadwalan proyek, Program Evaluation And Review Technique (PERT).

References

[1] Trihudiyatmanto, M. (2018). Riset Operasional (Operations Research) & Penyelesaian menggunakan Software WinQSB . Pekalongan: PT.Nasya Expanding Management.
[2] Syaifuddin, Dedy Takdir. (2011). Riset Operasi Aplikasi Quantitative Analysis For Management. Malang: CV Citra Malang.
[3] Meflinda, A. dan Mahyarni. (2011). Operations Research (Riset Operasi). Pekanbaru: UNRI PRESS.
[4] Wijaya, Andi. (2012). Pengantar Riset Operasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.
[5] Rani, Hafnidar. A. (2016). Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta: CV Budi Utama.
[6] Siswanto, Agus B & M.Afif Salim. (2019). Manajemen Proyek. Jawa Tengah: CV Pilar Nusantara.
[7] Herjanto, Eddy. (2007). Manajemen Operasi Edisi ketiga. Jakarta: PT.Gramedia Widiasarana Indonesia.
[8] Siswanto. (2006).Operations Research Jilid 2. Bogor: Penerbit Erlangga.
Published
2023-03-31
How to Cite
APRILLIA, Sendy Clara; WASONO, Wasono; A'YUN, Qonita Qurrota. Optimalisasi biaya dan waktu pelaksanaan pembangunan rumah tinggal di Kecamatan Rantau Pulung Kutai Timur menggunakan Critical Path Method (CPM) dan Program Evaluation and Review Technique (PERT). Basis : Jurnal Ilmiah Matematika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 11-24, mar. 2023. ISSN 2962-6013. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/Basis/article/view/1000>. Date accessed: 17 june 2024. doi: https://doi.org/10.30872/basis.v2i1.1000.