Penerapan Minimum Spanning Tree dalam Menentukan Rute Terpendek Distribusi Naskah Soal USBN di SMA Negeri se- Sleman
Abstract
Perkembangan teknologi merupakan hal yang tidak dapat dihindari sehingga matematika menjadi salah satu pilar yang sangat penting. Salah satu penerapan matematika dalam perkembangan teknologi adalah menentukan jalur optimal pada suatu graf. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan jalur optimal untuk distribusi naskah guna menunjang pelaksanaan USBN di SMA Negeri se-Sleman. Algoritma Prim adalah sebuah algoritma dalam teori graf yang mencari minimum spanning tree untuk sebuah graf berbobot dan terhubung. Algoritma Prim merupakan salah satu algoritma untuk menentukan jalur terpendek dari lokasi salah satu SMA menuju SMA lainnya.
References
[2] Greenberg, H.J. (1998). Greedy Algorithm for Minimum Spanning Tree. http://glossary.computing.society.informs.org/notes/spanningtree.pdf, University of Coloardo, Denver.
[3] Mahmuzah, R., Aklimawati, Meilizza, & Asri, K. (2019). Pengaruh Nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs Negeri Rukoh Kota Banda Aceh pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Serambi PTK, VI (2), 64-69.
[4] Ramadhan, A. F. (2017). Aplikasi Algoritma Prim dalam Penentuan Pohon Rentang Minimum untuk Jaringan Pipa PDAM Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah, 2(1), 30-38.
[5] Rosen, Kenneth H. (1997.) Exploring Discrete Mathematics With Maple. Singapore: McGraw-Hill Book Co. Siang.
[6] Sari, R.F., Widyasari, R., & Marpaung, F. A. (2023). Optimasi Pemasangan Jalur Pipa Air Bersih Melalui Minimum Spanning Tree dengan Algoritma Prim. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 7(1), 70-74.
[7] Sudibyo, N.A., Purwanto, T., & Rahmadi, D. (2020). Minimum Spanning Tree pada Distribusi Bahan Naskah USBN SD/MI di Kabupaten Sragen, Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 2(2), 64-69.
[8] Wamiliana, Usman, M., Warsono, Warsito, & Daoud, J. I. (2020). Using Modification of Prim’s Algorithm and GNU Octave and to Solve the Multiperiods Installation Problem. IIUM Engineering Journal, 21(1), 100-112.