PEMODELAN INDEKS KEDALAMAN KEMISKINAN DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DENGAN REGRESI DATA PANEL

  • Ni Made Shantia Ananda Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Anggi Jaya Utami Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Rani Mirnawati Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Darnah Adi Nohe Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman, Indonesia

Abstract

Kesuksesan pembangunan di suatu daerah dapat dinilai dari berbagai indikator, salah satunya adalah tingkat kemiskinan. Indeks Kedalaman Kemiskinan (IKK) merupakan salah satu ukuran yang dapat digunakan dalam mengukur tingkat kemiskinan di suatu daerah dengan baik. Hal ini dikarenakan IKK mengukur kedalaman kemiskinan dengan memfokuskan pada kesenjangan pengeluaran penduduk miskin terhadap garis kemiskinan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur tahun 2017-2019, IKK yang mulanya berada pada angka 0,89 menurun ke angka 0,85 di tahun 2018 dan naik menjadi 0,91 di tahun 2019. Dinamika yang terjadi pada IKK menunjukkan upaya pemerintah yang belum maksimal dalam menangani kemiskinan. Metode statistika yang dapat digunakan untuk mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi IKK adalah analisis regresi. Analisis regresi bertujuan untuk mengetahui pola hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Apabila penelitian menggunakan data cross-section dan data time series, maka metode yang digunakan adalah regresi panel. Dalam mengestimasi model regresi panel, terdapat tiga pendekatan yang dapat digunakan, yaitu Common Effect Model (CEM), Fixed Effect Model (FEM) dan Random Effect Model (REM). Berdasarkan hasil pengujian, diketahui bahwa model CEM merupakan model terbaik dalam memodelkan IKK. Adapun faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap IKK adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Published
2022-05-30
How to Cite
ANANDA, Ni Made Shantia et al. PEMODELAN INDEKS KEDALAMAN KEMISKINAN DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DENGAN REGRESI DATA PANEL. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Statistika, [S.l.], v. 2, may 2022. ISSN 2657-232X. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/SNMSA/article/view/859>. Date accessed: 12 may 2024.