ANALISIS REGRESI DATA PANEL PADA KASUS PERSENTASE KEMISKINAN DI KALIMANTAN TIMUR

  • Rina Aprilianti Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Gerald Claudio Messakh Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Sinta Nur Asiah Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Darnah Adi Nohe Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman, Indonesia

Abstract

Data panel merupakan gabungan antara data cross-section dan data time series. Pada data panel, unit cross-section yang sama diukur selama beberapa periode waktu. Analisis regresi data panel adalah analisis regresi yang didasarkan pada data panel untuk mengamati hubungan antara satu variabel terikat (dependent variable) dengan satu atau lebih variabel bebas (independent variable). Dalam melakukan estimasi dengan model regresi panel terdapat tiga pendekatan yang sering digunakan, antara lain common effect model, fixed effect model, dan random effect model. Kemiskinan merupakan masalah yang kompleks yang dihadapi oleh setiap daerah di Indonesia yang dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling berkaitan, antara lain tingkat pendapatan dan pengeluaran masyarakat, tingkat penganggura, kesehatan, pendidikan, geografis dan lingkungan. Pada penelitian ini digunakan variabel PDRB, IPM, dan Pengeluaran Per Kapita untuk mengetahui fakor apa saja yang mempengaruhi persentase kemiskinan di Kabupaten/Kota Kalimantan Timur Tahun 2015 – 2019. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa model yang layak digunakan dalam analisis regresi data panel ini adalah Fixed Effect Model (FEM). Model tersebut menunjukkan bahwa secara signifikan variabel PDRB, IPM, dan Pengeluaran Per Kapita berpengaruh terhadap persentase kemiskinan di Kalimantan Timur.

Published
2022-05-30
How to Cite
APRILIANTI, Rina et al. ANALISIS REGRESI DATA PANEL PADA KASUS PERSENTASE KEMISKINAN DI KALIMANTAN TIMUR. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Statistika, [S.l.], v. 2, may 2022. ISSN 2657-232X. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/SNMSA/article/view/858>. Date accessed: 11 may 2024.