PEMODELAN PERSENTASE PENDUDUK MISKIN DI INDONESIA MENGGUNAKAN REGRESI PROBIT DAN REGRESI LOGISTIK

  • Grace Wulandari Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Nur Afifah Febriyanti Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Khoiril Anwar Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Darnah Andi Nohe Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman, Indonesia

Abstract

Regresi probit dan regresi logistik merupakan pendekatan alternatif untuk memodelkan hubungan antara variabel respon kategorik dan variabel bebas, di mana variabel respon berdistribusi Bernoulli atau Multinomial. Model probit dan model logistik adalah model non linier yang menggunakan bilangan biner (variabel boneka) sebagai variabel responnya. Variabel boneka yang dimaksud adalah jenis variabel diskrit yang mempunyai dua nilai yaitu 0 dan 1. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh model regresi terbaik pada pemodelan persentase penduduk miskin dan mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi persentase penduduk miskin di Indonesia tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model terbaik pada pemodelan persentase penduduk miskin di Indonesia tahun 2020 adalah model regresi probit dengan nilai AIC sebesar 25,137 dan ketepatan klasifikasi sebesar 91,18%.  Berdasarkan model terbaik diperoleh faktor-faktor yang memengaruhi persentase penduduk miskin di Indonesia tahun 2020 yaitu tingkat pengangguran terbuka, proyek investasi dalam negeri, indeks pembangunan manusia (IPM), angka partisipasi murni dan kasar sekolah usia 19 – 24 tahun, dan tingkat setengah pengangguran.

Published
2022-05-30
How to Cite
WULANDARI, Grace et al. PEMODELAN PERSENTASE PENDUDUK MISKIN DI INDONESIA MENGGUNAKAN REGRESI PROBIT DAN REGRESI LOGISTIK. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Statistika, [S.l.], v. 2, may 2022. ISSN 2657-232X. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/SNMSA/article/view/847>. Date accessed: 12 may 2024.