Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA

Authors

  • Rizky Febriani Pohan Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Graha Nusantara Jl. Tor Simarsayang Kel. Losung Batu Kec. Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan Provinsi Sumatera Utara, Indonesia
  • Muhammad Rahman Rambe Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Graha Nusantara Jl. Tor Simarsayang Kel. Losung Batu Kec. Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan Provinsi Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/7va2sc53

Keywords:

biologi, efektivitas, hasil belajar, problem based learning

Abstract

Biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang sifatnya kompleks karena berkaitan dengan kehidupan makhluk hidup. Pembelajaran biologi menuntut berbagai keterampilan proses secara lisan maupun tulisan yang dapat menghasilkan kemampuan kognitif, psikomotorik, dan afektif yang baik. Dalam memahami pelajaran biologi, banyak siswa SMA yang mengalami kesulitan karena memiliki banyak proses dalam berbagai materinya. Untuk itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar biologi SMA yaitu model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa SMA dengan menggunakan problem based learning dan mengetahui efektivitas problem based learning dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa SMA Nurul Ilmi Padangsidimpuan Kelas XI sebanyak 40 orang yang dibagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa test. Teknik analisis data dilakukan dengan uji-t, persen efektivitas, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwaproblem based learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Nurul Ilmi Padangsidimpuan Kelas XI pada materi pencemaran lingkungan. Problem based learning mampu meningkatkan hasil belajar biologi kelompok eksperimen sebesar 62% dan kelompok kontrol 49%. Problem based learning juga memiliki persen efektivitas sebesar 13% untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa SMA Nurul Ilmi Padangsidimpuan Kelas XI. Dengan demikian, problem based learning sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran biologi SMA. Kontribusi penelitian ini adalah sebagai referensi bagi guru biologi yang ingin mengembangkan teknologi pembelajarannya terutama di SMA.

Downloads

Published

2025-11-25

How to Cite

Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA. (2025). Prosiding Seminar Nasional Biologi, 4, 1-12. https://doi.org/10.30872/7va2sc53