Hubungan Durasi Penggunaan Smartphone dengan Prestasi Siswa

  • Nindy Andellina Prensida Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No.1 Kelurahan, Pantai Amal, Kec. Tarakan Tim., Kota Tarakan, Kalimantan Utara, 77115
  • Bimo Aji Nugroho Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No.1 Kelurahan, Pantai Amal, Kec. Tarakan Tim., Kota Tarakan, Kalimantan Utara, 77115

Abstract

Smarthphone merupakan salah satu teknologi yang memiliki banyak manfaat seperti sumber informasi dan pengetahuan, media komunikasi, hiburan, dan sebagainya yang bisa menambah wawasan dan meningkatkan prestasi siswa. Namun, apabila smartphone digunakan secara tidak bijak dan berlebihan, maka akan menimbulkan dampak negatif baik bagi kesehatan maupun penurunan prestasi siswa di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara durasi penggunaan smarthphone dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Tarakan dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas VIII-5 SMP Negeri 13 Tarakan dengan jumlah responden sebanyak 28 siswa.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui penyebaran angket kepada responden. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Sedangkan, data sekunder diperoleh dari jurnal, buku, artikel, dan sebagainya. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan adanya hubungan antara durasi penggunaan smartphone dan prestasi akademik siswa. Siswa dengan prestasi akademik yang baik memiliki durasi bermain smartphone yang lebih sedikit dibandingkan dengan siswa yang bermain smarthphone dalam waktu yang lama. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa durasi penggunaan smarthphone berpengaruh terhadap prestasi akademik yang dicapai oleh siswa di SMP Negeri 13 Tarakan. Semakin banyak waktu siswa yang dihabiskan untuk bermain smartphone, maka akan semakin mengurangi waktu belajar dan kegiatan produktif siswa. Sehingga, menyebabkan prestasi akademik siswa menurun.

Published
2023-12-01
How to Cite
PRENSIDA, Nindy Andellina; NUGROHO, Bimo Aji. Hubungan Durasi Penggunaan Smartphone dengan Prestasi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi, [S.l.], v. 3, p. 73-77, dec. 2023. ISSN 3032-1999. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/pbio/article/view/1256>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.30872/pbio.v3i0.1256.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.