Dampak Penggunaan Green Product Terhadap Kesehatan Lingkungan

  • Munadirah M. Ahdad MAS Satu Atap DDI Majjelling Wattang, Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan – 91611
  • Alamsyah Agit Institut Agama Islam DDI Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan - 91611

Abstract

Kebutuhan manusia sangat beragam, dimulai dari makanan, pakaian, energi, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya, namun, dampak berbagai jenis produk pada struktur lingkungan, tidak jarang proses produksi dan konsumsi menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan, dan potensi kerusakan lingkungan yang lebih besar dengan adanya limbah-limbah industri. Perkembangan teknologi, inovasi dan ilmu pengetahuan, membuka banyak potensi akan pemberdayaan dan kesehatan lingkungan, semakin banyak produk kini diproduksi dengan memperhatikan aspek lingkungan, didesain sebagai produk ramah lingkungan, produk yang dikenal dengan sebutan green product, diproduksi sejalan dengan upaya untuk meminimalkan limbah, mengurangi konsumsi energi, dan mengurangi eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan dengan menggunakan bahan baku yang bersifat sintesis. Semua aspek ini mengarah pada penciptaan produk yang pada akhirnya dapat memenuhi kebutuhan manusia, namun dengan tetap menjaga keseimbangan ekosistem, dan berdampak positif terhadap kesehatan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan green product terhadap kesehatan lingkungan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan deductive reasoning, penelitian ini akan menggunakan penelitian dan data empiris sebagai sumber utama dalam penyusunan hasil dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan green product merupakan bentuk kesadaran lingkungan untuk para produsen maupun konsumen, dijelaskan bahwa penggunaan green product dapat mengurangi emisi yang berpotensi menyebabkan pencemaran udara, selain itu, secara umum, penggunaan green product juga sangat berdampak pada pengurangan limbah, dan konsumsi energi, yang dapat mengurangi potensi bahaya pada ekosistem, dan lingkungan secara umum.

Published
2023-12-01
How to Cite
AHDAD, Munadirah M.; AGIT, Alamsyah. Dampak Penggunaan Green Product Terhadap Kesehatan Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Biologi, [S.l.], v. 3, p. 62-67, dec. 2023. ISSN 3032-1999. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/pbio/article/view/1254>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.30872/pbio.v3i0.1254.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.