Pengaruh Ekstrak Etanol Teripang Pasir (Holothuria scabra J.) Terhadap Perkembangan Otak Anak Mencit Putih

  • Muhammad Syukri Fadil Dapartemen Biologi, FMIPA Universitas Andalas Kampus Limau Manis Indonesia 25126
  • Ruhama Maya Sari Dapartemen Biologi, FMIPA Universitas Andalas Kampus Limau Manis Indonesia 25126
  • Wandanil Putra Dapartemen Biologi, FMIPA Universitas Andalas Kampus Limau Manis Indonesia 25126
  • Della Faradilla Dapartemen Biologi, FMIPA Universitas Andalas Kampus Limau Manis Indonesia 25126
  • Aisyah Mutiara Dapartemen Biologi, FMIPA Universitas Andalas Kampus Limau Manis Indonesia 25126

Abstract

Teripang pasir (Holothuria scabra J.) mengandung banyak senyawa bioaktif, diantaranya adalah DHA dan EPA yang diperlukan untuk perkembangan sel-sel otak sehingga dapat meningkatkan kecerdasan. Oleh karena itu dilakukan penelitian mengenai pengaruh ekstrak etanol teripang pasir  (Holothuria scabra J,) terhadap perkembangan otak anak mencit putih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji potensi ekstrak teripang pasir (Holothuria scabra J.) sebagai nutrisi peningkat kecerdasan otak dengan menggunakan hewan uji mencit (Mus musculus L.) guna meningkatkan nilai tambah teripang. Metode  yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan tiga ulangan. Perlakuan dilakukan dengan  pemberian asupan ekstrak etanol teripang pasir (Holothuria scabra J.) dengan dosis 0,0, 1,2, 2,4 dan 3,6 mg/kg berat badan/ hari pada induk mencit selama periode gestasi yaitu sejak pertama kali proses pembuahan hingga melahirkan (+ 20 hari). Kemudian anak mencit yang telah dilahirkan diuji tingkat kecerdasannya  melalui analisis morfologi otak. Hasil yang diperoleh adalah pemberian ekstrak teripang (Holothuria scabra J.) selama masa kehamilan meningkatkan volume otak, rasio berat otak serta luas permukaan hemisperium serebri.

Published
2023-12-01
How to Cite
FADIL, Muhammad Syukri et al. Pengaruh Ekstrak Etanol Teripang Pasir (Holothuria scabra J.) Terhadap Perkembangan Otak Anak Mencit Putih. Prosiding Seminar Nasional Biologi, [S.l.], v. 3, p. 41-45, dec. 2023. ISSN 3032-1999. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/pbio/article/view/1250>. Date accessed: 08 may 2024. doi: https://doi.org/10.30872/pbio.v3i0.1250.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.