Analisis Kelerengan, Jenis Tanah dan Curah Hujan Untuk Arahan Penggunaan Lahan di Desa Merdeka

  • Parlin Hotmartua P. Pasaribu Pusat Riset Ekologi dan Etnobiologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Jl. Raya Jakarta-Bogor Km.46, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16911 Bogor – Indonesia

Abstract

Karakteristik suatu lahan dipengaruhi oleh baik faktor fisik maupun non fisik. Faktor fisik sangat mempengaruhi kondisi lahan karena merupakan faktor alam yang telah terbentuk secara alami sebelumnya. Pemanfaatan atau penggunaan lahan yang baik harus memperhatikan kondisi fisik atau karakteristik lahan. Beberapa faktor fisik yang dapat mempengaruhi karakteristik lahan yaitu kelerengan, jenis tanah, dan curah hujan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat arahan penggunaan lahan di Desa Merdeka berdasakan kondisi fisik lahan (kelerengan, jenis tanah, dan curah hujan). Data yang digunakan pada penelitian ini berupa data observasi lapangan dan data laboratorium. Sampel yang digunakan sebanyak 13 satuan lahan. Satuan lahan tersebut diperoleh dari overlay peta jenis tanah, kemiringan lereng, dan penggunaan lahan. Penelitian ini menggunakan metode scoring / pengharkatan pada masing-masing kondisi fisik lahan (kelerengan, jenis tanah, dan curah hujan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 (tiga) arahan penggunaan / peruntukan lahan yaitu Kawasan Budidaya Tanaman Semusim dan Kawasan Permukiman untuk 2 satuan lahan yaitu: AIUc dan AIBu; Kawasan budidaya tanaman tahunan untuk 4 satuan lahan yaitu: AIIUc, AIIBu, AIIHz, dan AIISs; dan Kawasan penyangga untuk 7 satuan lahan yaitu: AIIIUc, AIVUc, AVUc, AIVBu, AIIIHz, AIVHz, dan AVHz. Hasil penelitian ini dapat menjadi data awal dalam upaya penataan penggunaan lahan. Penilitian ini harapannya juga dapat dijadikan bahan pertimbangan kepada pengambil kebijakan terkait perumusan tata guna lahan.

Published
2023-12-01
How to Cite
PASARIBU, Parlin Hotmartua P.. Analisis Kelerengan, Jenis Tanah dan Curah Hujan Untuk Arahan Penggunaan Lahan di Desa Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Biologi, [S.l.], v. 3, p. 30-35, dec. 2023. ISSN 3032-1999. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/pbio/article/view/1247>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.30872/pbio.v3i0.1247.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.