Hubungan Kebiasaan Sarapan Anak dengan Hasil Belajar Psikomotorik Siswa Di Sekolah SMP Negeri 01 Sebatik
Abstract
Kebiasaan sarapan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan pada pagi hari sebelum beraktivitas, melewatkan sarapan akan berdampak pada aktivitas belajar siswa di sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana hubungan kebiasaan sarapan anak dengan hasil belajar psikomotorik siswa di sekolah SMP Negeri 01 Sebatik. Metode yang digunakan dalam penelitia n ini yaitu metode deskriptif kuantitatif, populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Sebatik yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah total 55 siswa dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Total Sampling. Adapun instrumen yang digunakan yaitu angket untuk mengukur kebiasaan sarapan anak, tes untuk mengukur hasil belajar psikomotorik siswa berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dan laporan akhir praktikum, observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai instrumen pendukung dalam penelitian. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil menunjukkan adanya hubungan antara kebiasaan sarapan anak dengan hasil belajar psikomotorik siswa di sekolah SMP Negeri 01 Sebatik.