Penerapan Metode SEM-PLS pada Kepuasan Pengguna Aplikasi Instagram

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.30872/a8agna87

Kata Kunci:

Instagram, Satisfication, Loyalty, SEM-PLS, Social Media

Abstrak

Social media platforms, particularly Instagram, have emerged as widely utilized channels among diverse user groups, including university students, for information sharing, social interaction, and entertainment purposes. The study seeks to analyze how Instagram quality, perceived benefits, and social interaction contribute to user satisfaction and loyalty within the FMIPA community at Mulawarman University.  The SmartPLS 3.0 software facilitates the use of the Structural Equation Modelling technique based on Partial Least Squares (SEM-PLS) in this investigation.  The results show that each of the three independent factors significantly and favourably affects user pleasure, which in turn significantly boosts customer loyalty. The R-square values of 0.685 for satisfaction and 0.655 for loyalty suggest that the proposed model adequately explains the relationships among the variables. Furthermore, all measurement indicators were confirmed to be both valid and reliable. In conclusion, the study demonstrates that users’ positive perceptions of Instagram’s quality, benefits, and social interaction contribute to enhanced satisfaction and foster greater loyalty toward the platform.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Andhini, S. P., et al. (2024). Mengungkap kehadiran media sosial Instagram dan kualitas pelayanan: Bagaimana inovasibuat memperkaya kepuasan pelanggan. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis. 6(3). 510-521.

Anggita, E. D., Hoyyi, A., & Rusgiyono, A. (2019). Analisis structural equation modelling pendekatan partial least square dan pengelompokan dengan finite mixture pls (fimix-pls)(studi kasus: kemiskinan rumah Tangga di Indonesia 2017). Jurnal Gaussian, 8(1), 35-45.

Ardiyansah, M., & Sulistyo, A. (2020). Pengaruh kualitas layanan, kualitas informasi, dan kepercayaan terhadap kepuasan pengguna e-commerce menggunakan SEM-PLS. Jurnal Ilmiah Informatika, 8(2), 95–104.

Febrina, R. I., Salamah, U., & Sakinah, G. (2024). Pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna media sosial Instagram (Studi pada akun @InfoGarut). Jurnal Komunikasi Universitas Garut. 10(1). 84–100.

Fernanda, J. W., Luthifiana, V., & Akhyar, M. K. (2022). Analisis Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) untuk Pemodelan Penerimaan Sistem Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah (JIBAS). J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori Dan Aplikasi Statistika, 15(2), 292-297.

Kriswanto, F. P. P., Solehudin, & Nurhasanah, N. (2024). Kajian Analisis Media Sosial Instagram dengan Pendekatan Teori Uses and Gratifications sebagai Tolak Ukur Kepuasan Pengguna. Jurnal Manajemen Bisnis Modern. 6(3).

Mardiana, N., & Faqih, A. (2023). Model SEM-PLS terbaik untuk evaluasi pembelajaran Matematika Diskrit menggunakan LMS. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 17(4), 895–906.

Nurpitriah, Yusup. E., & Ema. 2023. Pengaruh Instagram @exploresubang terhadap keputusan berkunjung ke tempat wisata Ciater. Jurnal Komunikasi Universitas Garut. 9(2). 271-285.

Nusrang, M., Hafid, H., & Fahmudding, M. (2023). Penerapan Metode Structural Equation Modelling-Partial Least Squares (SEM-PLS) dalam Mengevaluasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi PDRB di Indonesia. PRODISING SEMINAR NASIONAL, 1. 543-548.

Patalo, R. G., Rachmawati, I. K., Alvianna, S., & Hidayatullah, S. (2021). Analisis kualitas sistem dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna sosial media Instagram pada akun @bbtnbromotenggersemeru. Seminar Nasional Kepariwisataan (SENORITA) #2. 2(1). 65–77.

Prasetyo, F. H., Purnomo, A., & Sulistyowati, N. (2024). Aplikasi Analisis PLS-SEM berbasis R Shiny dan penerapan UTAUT2 untuk evaluasi penerimaan sistem informasi. Jurnal Sains dan Teknologi, 13(1), 1–12.

Riefky, M., & Hamidah, W. N. (2019). Pemodelan SEM PLS pada Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Layanan Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNIPA Surabaya. SNHRP-II, 63-73.

Safriana, S., & Samatan, N. (2022). Pengaruh motif penggunaan media sosial dan kualitas informasi akun Instagram @Indozone.id terhadap kepuasan followers generasi Z dalam memperoleh informasi. Jurnal Komunikasi dan Media. 2(1).17–25.

Saputra, M. I., & Hartanto, E. (2023). Pengaruh penggunaan media sosial dan kualitas informasi terhadap pemenuhan kebutuhan informasi COVID-19 pada followers akun Instagram @kemenkes_ri. Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 2(1). 107–114.

Setiawan, H. K., & Purwoko, P. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat belanja online menggunakan media sosial Instagram. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen. 6(1). 806-820.

Diterbitkan

2025-12-09