MODEL COOPERATIVE LEARNING SEBAGAI PENGEMBANGAN LESSON PLAN PADA SUB MATERI PROTISTA MIRIP HEWAN DI TINGKAT SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.30872/bp.v17i1.1504Keywords:
Cooperative learning, lesson plan, protista mirip hewanAbstract
Proses belajar mengajar berkaitan erat dengan rencana pembelajaran yang telah disusun dan dipersiapkan oleh guru di dalam sebuah perangkat pembelajaran atau lesson plan. Lesson plan haus dikembangkan dengan baik untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran yang diinginkan. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan lesson plan yang memberikan gambaran tentang implementasi pembelajaran model cooperative learning pada sub materi protista mirip hewan. Lokasi pelaksanaan penelitian berada di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus. Jenis penelitian ini menggunakan metode RnD dengan model 4D. Model ini menggabungkan keterampilan individu siswa dan sikap kooperatif dengan langkah-langkah pembelajaran yang jelas. Subjek penelitian meliputi calon guru biologi, guru biologi, dan siswa kelas X dengan metode observasi, data wawancara, dan dokumentasi kegiatan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penilitan menunjukkan bahwa aspek pengembangan lesson plan dengan materi, tujuan, model, metode, strategi, penilaian, dan alokasi waktu telah berhasil dilaksanakan. Tetapi, dari beberapa aspek tersebut masih perlu diperbaiki dan dikembangkan lebih lanjut, dengan demikian, pengembangan akan menjadi lebih sistematis ketika digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Agus Suprijono. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Erickson and Bern. (2001). Contextual Teaching and Learning. Journal of Economy. No. 2.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sujadi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka cipta