HUBUNGAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 3 PALOPO

  • Erika Immanuela Silas Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Jl. Mallengkeri Raya, Parang Tambung, Tamalate, Kota Makassar, Indonesia – 90224
  • Ismail Ismail Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Jl. Mallengkeri Raya, Parang Tambung, Tamalate, Kota Makassar, Indonesia – 90224
  • Irma Suryani Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Jl. Mallengkeri Raya, Parang Tambung, Tamalate, Kota Makassar, Indonesia – 90224

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menuntut peserta didik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis agar mampu menyaring informasi yang benar sehingga diperoleh kebenaran dan pemahaman yang tepat terhadap setiap pengetahuan disekitarnya yang diharapkan juga dapat membantu terjadinya peningkatan hasil belajar dari peserta didik. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang memiliki tujuan dalam mengetahui hubungan dari keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran biologi materi sistem pencernaan kelas XI. Subjek penelitian yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Palopo. Penentuan subjek menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel yang digunakan yaitu 147 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive Sampling. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan instrumen tes keterampilan berpikir kritis berjumlah 10 nomor yang disesuaikan dengan indikator keterampilan berpikir kritis menurut Ennis dalam bentuk soal esai dan instrumen tes hasil belajar berjumlah 20 nomor yang disesuaikan dengan indikator hasil belajar dimensi kognitif revisi Bloom menurut Anderson & Krathwohl dalam bentuk soal pilihan ganda. Data keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik melalui analisis deskripstif dan uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas kormogolov smirnov dan uji linearitas sederhana. Hubungan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik diuji menggunakan uji korelasi product moment dan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar yang bersifat positif. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada pendidik dalam upaya meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.


Kata kunci: Hasil belajar, Keterampilan Berpikir kritis, Sistem pencernaan

References

Asiyah., Topano, A., & Walid, A. (2021). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Negeri 10 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 717-727.
Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 193-203.
Hadiyanto. (2016). Teori dan Pengembangan Iklim Kelas & Iklim Sekolah. Jakarta: Kencana.
Hallatu, Y. A., Prasetyo, K., & Haidar, A. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kompetensi Pengetahuan dan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah BPD IHA Tentang Konflik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), 183-190.
Harefa, D., & Telaumbanua. T. (2020). Belajar Berpikir dan Bertindak Secara Praktis dalam Dunia Pendidikan Kajian untuk Akademis. Solok: CV. Insan Cendekia Mandiri.
Jalinus, N., Verawardina, U., & Krismadinata. (2020). Buku Model Flipped Blended Learning. Grobogan: CV. Sarnu Untung.
Kurniawan, S, A., Patmanthara, S., & Soraya, D. U. (2019). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Sistem Komputer antara Model CTL dengan Model Examples Non Examples. Journal of ELINVO, 4(2), 106-116.
Nahadi., Purnawarman, P., Siswaningsih, W., & Lestari, T. (2021). Asesmen Keterampilan Berpikir Kritis Kimia; Model Tes dan Pengembangannya. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Octavia, S. A. (2021). Profesionalisme Guru dalam Memahami Perkembangan Peserta Didik. Sleman: CV. Budi Utama.
Purnomo, H. (2019). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: LP3M Universitas Muhammadiyah
Resti, S. N. E. (2016). Hubungan Motivasai Berprestasi Siswa dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1-14.
Rosdianto, H., Syahandri, U, H., & Mahapoonyanont, N. (2020). Students Cognitive Learning Outcomes In Simple Machine Subject Throught React Leaning Model. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 5(3), 123-131.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal BIOEDUKATIKA, 3(2), 15-20.
Rosana. (2019). Belajar Menulis PTK. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Saparuddin., Patongai, D. D. P. U. S., & Sahribulan. (2021). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal IPA Terpadu, 5(1), 103-111.
Sarwanto, Fajari, L. E., & Chumdari. (2021). Critical Thingking Skills And Their Impact On Elementary School Students. Malaysian Journal of Learning, 18(2), 161-187.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, R & D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Surastina., et al. (2021). Prosiding Seminar Nasional Linguistik Interrdisipliner pada Era Revolusi Industri 4.0. Pekalongan: PT. NEM.
Susanti, V, D., & Krisdiana, I. (2021). The Effect of Literacy Skills on the Critical Thingking Skills of Mathematics Education Students. Jurnal of Education, 13(1), 72-79.
Susilowati, Y., & Sumaji. (2020). Interseksi Berpikir Kritis Dengan High Order Thingking Skill (HOTS) Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Silogisme, 5(2), 62-71.
Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Triwulandari, S., U, S, S. (2022). Analisis Intelegensi dan Berpikir Kritis. Jurnal Utile, 8(1), 50-61.
Published
2024-05-01
How to Cite
SILAS, Erika Immanuela; ISMAIL, Ismail; SURYANI, Irma. HUBUNGAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 3 PALOPO. BIOPROSPEK: Jurnal Ilmiah Biologi, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 20-28, may 2024. ISSN 2615-5435. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/bioprospek/article/view/1221>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.30872/bp.v16i1.1221.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.