Pengaruh Kombinasi Tepung Maggot (Hermetia illucens Linnaeus, 1758) pada Pakan Komersial Terhadap Pertumbuhan Ikan Patin (Pangasius hypophthalmus Linnaeus, 1758)

  • Kartika Ferrina Nurlita
  • Sus Trimurti Unmul
  • Lariman Lariman

Abstract

Salah satu komponen penting dalam kegiatan budidaya yaitu ketersediaan pakan yang mengandung submateri dan energy yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan ikan dalam meningkatkan kualitas hidupnya. Kendala utama para pembudidaya yaitu harga pakan komersial yang mahal. Maggot (Hermetia illucens) memiliki potensi sebagai bahan alternatif bagi pakan yang dapat diolah menjadi pellet yang dapat diberikan kepada ikan patin. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemberian maggot yang dikombinasikan dengan pakan komersial dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan patin (Pangasius hypophthalmus) dan untuk mengetahui kombinasi terbaik terhadap pertumbuhan dan penambahan bobot ikan patin (Pangasius hypophthalmus). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Frekuensi pemberian pakan 2 kali sehari pagi dan sore. Pengukuran panjang, bobot,kualitas air, dan tingkat kelangsungan hidup dilakukan setiap 15 hari sekali. Hasil dari penelitian ini didapatkan pertumbuhan panjang dan bobot tertinggi terdapat pada perlakuan D dengan kombinasi 25% pakan komersial dan 75% pellet Maggot, yaitu 12,46 cm dan 18,17 gram serta nilai kelangusngan hidup 100%.

Published
2023-05-29
How to Cite
NURLITA, Kartika Ferrina; TRIMURTI, Sus; LARIMAN, Lariman. Pengaruh Kombinasi Tepung Maggot (Hermetia illucens Linnaeus, 1758) pada Pakan Komersial Terhadap Pertumbuhan Ikan Patin (Pangasius hypophthalmus Linnaeus, 1758). BIOPROSPEK: Jurnal Ilmiah Biologi, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 40-48, may 2023. ISSN 2615-5435. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/bioprospek/article/view/1120>. Date accessed: 17 june 2024. doi: https://doi.org/10.30872/bp.v15i1.1120.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.