REPRESENTASI MATEMATIS MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL DIMENSI TIGA BERBANTUAN MEDIA ANDROID

  • Yuli Ismi Nahdiyati Ilmi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Tri Candra Wulandari Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang, Indonesia

Abstract

Pada masa pandemic, hampir seluruh sektor mengalami dampaknya, terutama dalam bidang pendidikan. Perubahan pembelajaran yang semula tatap muka berubah menjadi daring (dalam jaringan), hal ini mengakibatkan perlu pemanfaatan teknologi agar dapat membantu selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merepresentasikan hasil penyelesaian mahasiswa selama pembelajaran online dengan berbantuan aplikasi android pada materi dimensi tiga. Materi ini termasuk dalam mata kuliah telaah materi matematika sekolah menengah 1, dengan subjek penelitian yaitu terdiri dari mahasiswa pendidikan matematika UNISMA semester 2. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan intrumen yang digunakan yaitu berupa hasil jawaban mahasiswa yang telah mempelajari dimensi tiga melalui media pembelajaran berbantuan android. Adapun hasil penelitian ini yaitu, dari sebanyak 28 subjek penelitian, pemahaman materi dimensi tiga dapat terbantu melalui aplikasi media android, serta menghasilkan representasi yang berbeda-beda dan unik, sehingga dapat disimpulkan bahwa pada representasi matematis dalam penyelesaian materi dimensi tiga tidak terlepas dari sketsa gambaran dimensi tiga. Selanjutnya hasil penelitian ini dapat sebagai acuan untuk menentukan model pembelajaran yang sesuai selama pandemic saat ini.

Published
2022-05-30
How to Cite
ILMI, Yuli Ismi Nahdiyati; WULANDARI, Tri Candra. REPRESENTASI MATEMATIS MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL DIMENSI TIGA BERBANTUAN MEDIA ANDROID. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Statistika, [S.l.], v. 2, may 2022. ISSN 2657-232X. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/SNMSA/article/view/920>. Date accessed: 11 may 2024.