ANALISIS FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI KALIMANTAN TIMUR MENGGUNAKAN REGRESI DATA PANEL

  • Edy Widodo Jurusan Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia
  • Dhea Laksmita Arsya Primananda Jurusan Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia
  • Diannita Eka Putri Jurusan Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia
  • Falah Novayanda Adlin Jurusan Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia
  • Shafa Bunga Faradilla Jurusan Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia

Abstract

Rencana pemindahan ibu kota telah diumumkan oleh Presiden Jokowi pada tanggal 16 Agustus 2019 dengan lokasi ibu kota baru yaitu provinsi Kalimantan Timur. Latar belakang pemindahan ibu kota adalah beban DKI Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan pusat bisnis sudah terlampau tinggi. Pemindahan ibu kota ke Provinsi Kalimantan Timur juga bertujuan untuk mengurangi ketimpangan ekonomi dan banyaknya jumlah kemiskinan antara Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa. Oleh karena itu, tulisan ini akan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kemiskinan di ibu kota baru yaitu Provinsi Kalimantan Timur. Data yang digunakan merupakan data time series dan cross section, sehingga analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan data time series tahun 2017-2019 dan data cross section 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur. Variabel independen yang digunakan adalah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Rata-rata Lama Sekolah (RLS), tingkat pengangguran terbuka, dan kepadatan penduduk, dan variabel independen yang digunakan adalah indeks kedalaman kemiskinan. Dari analisis ini diperoleh gambaran umum pada tahun 2017-2019 tingkat kemiskinan di Provinsi Kalimatan Timur dan variabel yang berpengaruh terhadap tingkat kemiskinan adalah variabel PDRB dan RLS.

Published
2022-05-30
How to Cite
WIDODO, Edy et al. ANALISIS FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI KALIMANTAN TIMUR MENGGUNAKAN REGRESI DATA PANEL. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Statistika, [S.l.], v. 2, may 2022. ISSN 2657-232X. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/SNMSA/article/view/902>. Date accessed: 11 may 2024.