ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) JABODEBEK
Keywords:
kepuasan, partial least square, purposive sampling, structural equation modelingAbstract
Light Rail Transit (LRT) Jabodebek merupakan sebuah layanan transportasi umum yang baru diresmikan pada Agustus 2023 dan melayani rute Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. Sejak beroperasi, LRT Jabodebek mendapat respons positif dari masyarakat. Akan tetapi, ada pula kritik yang menunjukkan beberapa kekurangan dalam layanan dan fasilitas. Penelitian ini dirancang untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang dapat memengaruhi tingkat kepuasan pengguna LRT Jabodebek. Variabel yang diduga memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna adalah kenyamanan, keandalan, keselamatan dan keamanan, aksesibilitas, kesetaraan, dan harga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner selama 1 bulan. Responden dipilih melalui teknik purposive sampling dengan kriteria pengguna LRT Jabodebek untuk tujuan pekerjaan atau pendidikan dan berusia lebih dari 18 tahun. Jumlah responden yang didapat pada penelitian ini adalah sebanyak 405 orang. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek keselamatan dan keamanan, aksesibilitas, dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna LRT Jabodebek.
References
Jannah, K. M., Febrilia, I., & Rahmi. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen LRT Jabodebek melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5).
Silaningsih, E., Gemina, D., & Yuningsih, E. (2015). TransJakarta Company’s Strategy and Minimum Service Standard to Raise Passengers’ Satisfaction. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 17(1). https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.1-10.
Ibrahim, C. Z. (2024). Analisis Potensi Penggunaan LRT Jabodebek Akibat Pengaruh Layanan Pengumpan Khusus dengan Sistem Tarif Terpadu pada Stasiun LRT Harjamukti.
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian, Edisi
Terbaru.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education Limited.
Sayang, D. M., & Sardjono, A. B. (2020). Kenyamanan Spasial Mahasiswa dalam Beraktivitas pada Kantin Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. 9, 391–400.
Najmi, F. (2017). Pengaruh Keandalan dan Prosedur Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Urusan Agama Liang Anggang Kota Banjarbaru. 3, 251–263.
Tubis, A., & Webinska-Wojciechowska, S. (2014). Safety Measure Issues in Passenger Transportation System Performance: Case Study. Dalam Safety, Reliability and Risk Analysis (hlm. 1309–1316). CRC Press. https://doi.org/10.1201/b15938-195.
Rendra Riawan, A., & Ahyudanari, E. (2020). Analisis Aksesibilitas dalam Penggunaan Transportasi Umum, di Kota Bekasi dengan Metode Competition Measure (Studi Kasus : Stasiun LRT, Stasiun KRL, dan Stasiun BRT). Jurnal Aplikasi Teknik Sipil, 18, 231–238.
Fudin. (2023). Konsepsi Kesetaraan Menurut Komunitas Gusdurian Banyumas.
Kansal, P., Walia, S., & Goel, S. (2015). Factors Affecting Perception of Value for Money and Customer Satisfaction for Foreign Tourists in Goa. International Journal of Hospitality and Tourism Systems, 8(2). https://doi.org/10.21863/ijhts/2015.8.2.017.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2022). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). https://www.researchgate.net/publication/354331182.