META-ANALISIS PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

Keywords:

Meta-Analisis, Media Pembelajaran, Pre-Post

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa melalui pendekatan meta-analisis dengan desain pre-post contrast. Data diperoleh dari sepuluh studi yang memenuhi kriteria inklusi, dengan fokus pada perubahan motivasi belajar sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa berdasarkan model random effect. Namun, beberapa studi individual menunjukkan effect size yang tinggi. Forest plot menunjukkan variasi effect size antar studi, sementara funnel plot mengindikasikan adanya kemungkinan bias publikasi. Temuan ini menunjukkan pentingnya mempertimbangkan jenis media dan konteks penggunaannya dalam meningkatkan motivasi belajar.

References

Yuliani, K. H., & Hendri, W. (2017). Media Pembelajaran Pengaruh Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 27-33.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning (4th ed.). Wiley.

Mayasari, A., Windi, P., Ulfah, & Opan, A. (2021). PENGARUH MEDIA VISUAL PADA MATERI PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Tahsini (Jurnal Karya Umum dan Ilmiah), 173-178.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Lipsey, M. W., & Wilson, D. B. (2001). Practical Meta-Analysis. SAGE

Publications.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-Learning and the Science of Instruction (4th ed.). Wiley.

Campbell, D. T., & Stanley, J. C. (1963). Experimental and Quasi-Experimental Designs for Research. Houghton Mifflin.

Jeong, J. S., & Joung, S. (2016). The Effects of Interactive Animated Video Learning on Students’ Motivation in Science. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 25(1), 37–53.

Sari, A. R., & Wahyuni, S. (2020). Penggunaan E-Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Teknologi

Informasi, 6(2), 115–123.

Putra, F. A., Maulida, L., & Setiawan, R. (2021). Efektivitas Modul Interaktif Berbasis Multimedia pada Pembelajaran Matematika di SD. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(3), 205–218.

Azhari, M. M., & Santosa, C. A. (2023). Meta-Analisis: Penerapan Model Blended Learning Dalam Pembelajaran Matematika Selama Pandemi. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 520-521.

Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Analisis Meta. Yogyakarta: Parama Publishing.

Borenstein, M., Hedges, L. V., Higgins, J. P. T., & Rothstein, H. (2009). Introduction META Analysis. Chichester, UK: John Wiley & Sons, Ltd. ISBN: 978-0-470-05724-7.

Ramadhan, M. B. (2022). Meta-Analisis Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Desain Pemodelan & Informasi Bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 8(1).

Aeniyah, W., & Meilana, S. F. (2021). Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Putra Jaya. Jurnal Educatio, 7(3), 888-894.

Cahyanigtias, V. P., & Ridwan, M. (2021). EFEKTIVITAS PENERAPAN

MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI. Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 55-62.

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(1), 1-10.

Isnaini, M., Utami, L. S., & Marga, K. M. (2018). PENGARUH MEDIA

KOKAMI (KOTAK DAN KARTU MISTERIUS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 4(2), 18-25.

Mumtaza. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MTs ALQUR'AN TERPADU AN-NAWAWI SURABAYA. Journal of Arabic Teaching Linguistic And Literature, 2(1), 16-28.

Oktaviani, R., Harman, & Dewi, S. (2018). PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KOTA JAMBI. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 40-47.

Setyaningsih, S., Rusijono, & Wahyudi, A. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE TERADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAJAAN HINDU BUDHA DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144-156.

Sukiyasa, K., & Sukoco. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan mobil. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126-137.

Syam, A. S. (2021). MEDIA AUGMENTED REALITY DAN POWER SERTA PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK, 4(2), 95-108.

Wulandari, D. A. (2016). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS. PARADIGMA, 18(2), 18-24

Downloads

Published

2025-08-20