PEMODELAN SEM–PLS PADA KEPUASAN MAHASISWA STATISTIKA TERHADAP LAYANAN APLIKASI TELEKOMUNIKASI
Keywords:
Kepuasan, MyTelkomsel, MyXL, SEM-PLSAbstract
Kepuasan pengguna aplikasi telekomunikasi seperti MyTelkomsel dan MyXL sering tidak optimal akibat masalah teknis seperti error sistem atau transaksi gagal. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling - Partial Least Square (SEM-PLS). Sampel terdiri dari 100 mahasiswa S1 Statistika Universitas Mulawarman angkatan 2022-2024 yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner online berskala Likert dengan tiga variabel eksogen (familiarity, system quality, dan use) dan satu variabel endogen (user satisfaction). Hasil analisis SEM-PLS menunjukkan bahwa variabel familiarity dan use berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, sementara system quality tidak berpengaruh signifikan. Model ini menjelaskan sekitar 44,6% varians dari kepuasan pengguna (R²=0,446).
References
Santoso, G. (2018). Teknologi komunikasi dan informasi: Teori dan aplikasi dalam kehidupan manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Wiryany, D., Setiawan, I., & Fikri, A. (2023). Digitalisasi layanan dan loyalitas pelanggan pada industri telekomunikasi di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi Digital, 5(2), 101–115.
Badan Pusat Statistik. (2024). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2023.
Awuku, E., Agyei, P. M., & Gonu, E. (2023). Service innovation practices and customer loyalty in the telecommunication industry. Plos one, 18(3), e0282588.
Cahyani, A. D. T., Prihananto, P., Sugihartanto, M. F., & Isnaini, F. (2024). The Influence of E-Service Quality, Brand Image, Price Competitiveness, Product Quality, and Subscription Plan on Repurchase Intention (Case Study of Generation Y and Z Mobile Operator Users). International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 14(12), 1541-1555.
Sanusi, D., & Mauritsius, T. (2023). Exploring Factors Affecting User Satisfaction in myIM3: Integrating TAM, UTAUT, and the Information Systems Success Model in Mobile Telecommunication Services. Journal of System and Management Sciences, 13(6), 536-553.
Ashari, Y., Supendar, H., & Fahlapi, R. (2024). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi My Xl Dengan Metode Techhnology Acceptance Model. Jurnal Komputer Antartika, 2(2), 80-87.
Tarmidi, D., & Salsabila, A. (2023). The effect of service innovation and e-service quality toward customer satisfaction the my-xl application in bandung city. Enrichment: Journal of Management, 13(1), 532-536.
Sarwono, J. & Narimawati. (2015). Membuat Skripsi, Tesis, dan Disertasi Partial Least Square SEM (PLS-SEM). Yogyakarta: ANDI .
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9–30.
Al-Kofahi, M. K., Hassan, H., & Mohamad, R. (2020). Information Systems Success Model: A Review of Literature. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(8), 397–415.
Chen, T., Guo, W., Gao, X., & Liang, Z. (2021). AI-based self-service technology in public service delivery: User experience and influencing factors. Government Information Quarterly, 38(4), 101520.
Setiabudhi, H. d. (2024). Analisis Data Kuantitatif dengan SmartPLS 4. Purwokerto: Borneo Novelty Publishing.
Rahadi, D. R. (2023). Pengantar Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Tasikmalaya: Lentera Ilmu Madani.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Swarjana, I. K. (2022). Populasi-Sampel, Teknik Sampling & bias dalam Penelitian. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Djaali. (2008). Skala Likert. Jakarta: Pustaka Utama.
Hartono, J. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.