EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL KALIMANTAN TIMUR

Authors

  • Firnanda Pradana Putra Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda image/svg+xml
  • Anisa Hafidzah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda image/svg+xml
  • Indah Aulia Karisma Diana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda image/svg+xml

Keywords:

Etnomatematika, Permainan Tradisional, Kalimantan Timur

Abstract

Perlu upaya menjembatani matematika dengan pembelajaran agar lebih realistik dan bermanfaat digunakan dalam kondisi nyata. Hal ini melalui pembelajaran berbasis etnomatematika. Kalimantan Timur memiliki beragam budaya yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika. Permainan tradisional seperti begasing, congklak, sumpitan memiliki unsur – unsur yang berkenaan dengan konsep matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksploratif yakni mengeksplorasi permainan tradisional kalimantan timur dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan etnografi. Pada penelitian ini, peneliti bertindak selaku perencana, kolektor data, analisator, penafsir data, dan penyusun laporan hasil penelitian. Selain itu, peneliti berlaku sebagai instrumen penelitian. Teknik pengambilan data yang dilakukan oleh peneliti yakni melalui studi literatur, wawancara, dan observasi terkait permainan tradisional kalimantan timur. Berikutnya data yang terkumpul, dilakukan analisis berdasarkan domain dan taksonomi. Hasil eksplorasi menunjukkan permainan begasing memiliki bentuk bangun geometri ruang tabung, serta gabungan bola dan kerucut. Selain itu, permainan ini memiliki kaitan dengan materi kecepatan, jarak, dan waktu. Permainan sumpitan memiliki bentuk silinder yang dapat dilakukan pengukuran, serta perhitungan luas dan volume. Permainan congklak memiliki kaitan dengan operasi penjumlahan, perkalian, pembagian, dan pengurangan

References

Abdullah, A. A., & Rahmawati, A. Y. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Kayu Krebet Bantul. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 163-172.

Albanese, V., & Perales, F. J. (2020). Mathematics Conceptions by Teachers from an Ethnomathematical Perspective. International Journal of Educational Research, 12(3), 215-226.

Alghar, M. Z., & Marhayati, I. (2023). Ethnomathematics: The Exploration of Fractal Geometry in Tian Ti Pagoda Using the Lindenmayer System. Journal of Mathematical Sciences, 8(4), 112-124.

Astuti, J. C. (2023). Etnomatematika dalam PandanganAliran Filsafat Esensialisme. Jurnal Filsafat Indonesia, 6, 2.

Bakhrodin, Istiqomah, U., & Abdullah, A. A. (2019). Identifikasi Etnomatematika pada Mesjid Mataram Kotagede Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika: SOULMATH, 113-124.

Chambers, P. (2008). Teaching Mathematics: Developing as a self active secondary teacher. Review of Educational Research Sage Publication Inc (Q1, Indexed by Scopus).

Cortes, D., & Orey, D. C. (2020). Connecting ethnomathematics and modelling: A mixed methods study to understand the dialogic approach of ethnomodelling. ResearchGate.

Gunawan, M. T., Afriliani, A. T., Fitri, D. A., & Farida, N. A. (2024). Implementation of Early Childhood Mathematics Learning at PAUDQU Al-Anshor. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Sinta 3, Kemendikbudristek), 272-278.

Harahap, N. (2022). Problematika Pembelajaran Matematika di SD. Seminar Nasional Pascasarjana S3 Pendidikan Dasar. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (Sinta 5, Kemendibudristek), 28-37.

Jawad, L. F. (2022). Mathematical Connection Skills and Their Relationship with Productive Thinking Among Secondary School Students. Periodicals of Engineering and Natural Sciences (Q2, Indexed by Scopus), 421-430.

Kemp, J. E., Morrison, G., & Ross, S. M. (1994). Designing Effective Instruction. New York: Macmillan College Publishing Company.

Kurniawati, W. (2021). Desain Perencanaan Pembelajaran. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman (Sinta 5, Kemendibudristek), 1-10.

Lestari, D. A., Sulistiyanti, R., Azizah, W., & Pramesti, S. L. (2023). Eksplorasi Penerapan Etnomatematika Permainan Tradisional Congklak sebagai Pembelajaran Matematika. Prosiding Santika: Seminar Nasional Tadris Matematika, 215-227.

Nuryadi, Z., Kharisudin, I., & Zaenuri. (2021). Characteristic of Ethnomathematical-Based Subject Specific Pedagogy. Technium Social Sciences Journal, 20(1), 123-134.

Rakhmawati, H. L. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika, 7, 2.

Rosa, M., Shirley, L., Alangui, W. V., Palhares, P., Gavarrete, M. E., & Orey, D. C. (2016). Current and future perspectives of ethnomathematics as a program. Springer.

Saprima, T., Etriadi, & Nasrullah. (2020). Permainan Gasing di Sambas. Jurnal Sambas (Studi Agama, Masyarakat, Budaya, Adat, Sejarah), 13-27.

Tamur, M., Ndiung, S., & Kurnila, V. S. (2023). Mbaru Niang dalam Perspektif Etnomatematika di .... Journal of Mathematics Education and Pedagogy, 15(2), 77-90.

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective. Boston: Pearson.

Weniarni, Listin d. (2022). Etnomatematika. Pekalongan: Penerbit NEM.

Downloads

Published

2025-08-20