ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN HARGA DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE ANDROID (STUDI KASUS: MAHASISWA PROGRAM STUDI STATISTIKA FMIPA UNIVERSITAS MULAWARMAN)
Keywords:
citra merek, harga, kualitas produk, keputusan pembelian, SEM-PLSAbstract
Persaingan industri smartphone yang semakin kompetitif mendorong produsen untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Kualitas produk, citra merek, dan harga merupakan tiga aspek penting yang diyakini memiliki peran dalam proses pengambilan keputusan tersebut. Kualitas produk mencerminkan kemampuan produk dalam memenuhi ekspektasi pengguna, citra merek berkaitan dengan persepsi terhadap reputasi dan keunggulan merek, sedangkan harga menggambarkan kesesuaian antara nilai dan biaya yang harus dibayar konsumen. Ketiga variabel ini dianalisis dalam konteks mahasiswa Program Studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Mulawarman sebagai konsumen digital aktif. Pengolahan data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara harga tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Nilai R-square sebesar 0,262 mengindikasikan bahwa variabel kualitas produk, citra merek, dan harga mampu menjelaskan 26,2% variabilitas keputusan pembelian.
References
Yuriananda, A. V., & Mahargiono, P. B. (2023). Pengaruh Gaya Hidup dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone Melalui Citra Merek sebagai Variabel Intervening pada Mahasiswa STIESIA. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, XII(4).
Firdan, M., & Artanto, F. A. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee Pada Mahasiswa di Pekalongan. BISMA: Business and Management Journal, II(1), 73-80.
Dewi, A. G. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Konsumen Sabana Desa Waru Induk di Perumahan Grand Parung, Kabupaten Bogor). HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), I(1).
Pramana, R. D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian tumbler tupperware. Jurnal Ilmu Manajemen, X(1), 268-278.
Tan, K., Utami, C. W., & Vidyanata, D. (2021). engaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Beli Dengan Mediasi Brand Image. Jurnal Ilmu Manajemen, IX(2), 331-340.
Ristanti, A., & Iriani, S. S. (2020). engaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Nature Republic di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, VIII(3).
Pambela, S. W., & Waluyo, M. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian dan Pembelian Ulang Smartphone Xiaomi. Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Informatika (JTMEI), II(4), 198-211.
Pangestu, H. T., & Artanto, F. A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Smartphone Android. Jurnal Manajemen, III(4), 378-388.
Husen, R. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo pada Surya Celluler Tidore. Jurnal AKRAB JUARA, VI(5), 94-105.
Utami, A. T., & Ellyawati, J. (2021). Peran Citra Merek, Celebrity Endorser, Kualitas Produk Dalam Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, XXII(1), 140-150.
Anwari, S. P., & Djawoto, D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Oppo F9. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), XIII(6), 1-17.
Kotler, P. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 2, Edisi 12. PT Indeks. New Jersey.
Kotler, P. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Erlangga. Jakarta.
Kotler, P., & Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Erlangga. Jakarta.
Kotler, P., & Amstrong, G. 2011. Principle of Marketing. 10t Edition/International Edition. Prentice Hall. New Jersey.
Arsauri, S. 2012. Manajemen Pemasaran. Rajawali Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Rahadi, D. R. 2023. Pengantar Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Lentera Ilmu Madani. Tasikmalaya.
Siregar, A. S., & Rosmaini, E. (2024). Structural Equation Modeling Partial Least Square Pada Analisis Faktor Kualitas Pelayanan Perpustakaan Berdasarkan Persepsi Mahasiswa. Leibniz: Jurnal Matematika, IV(1), 1-11.
Rahadi, D. R. 2023. Pengantar Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Lentera Ilmu Madani. Tasikmalaya.
Agustina, P. A., & Sugiarti, H. (2024). Structural Equation Modeling untuk Pengaruh Efektivitas, Gaya Hidup, dan Tingkat Pendapatan terhadap Penggunaan Layanan E-Wallet oleh Pekerja di Perkotaan. Jurnal Ilmiah Sains, 24(1), 70-79.