Analisis Penalaran Analogis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Gender

Authors

Keywords:

memecahkan masalah, gender, penalaran analogis, geometri

Abstract

Belum mampunya peserta didik memahami struktur soal, menjelaskan keserupaan atau keterkaitan konsep dan hanya siswa sebagian yang mampu memecahkan masalah dalam geometri sehingga tahapan penalaran analogis siswa belum tercapai maksimal. Tujuan penelitian yaitu menganalisis penalaran analogis siswa dalam memecahkan masalah pada topik geometri berdasarkan gender. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa penalaran siswa gender perempuan cendrung feminim seperti terlihat tergesa-gesa dan tidak percaya diri dalam menjawab soal yang terjadi pada tahap mapping sehingga siswa tidak mendeskripsikan kesamaan atau analogi yang terkandung, sedangkan pada siswa gender laki-laki lebih maskulin dengan terpenuhinya tahapan penalaran analogis diantaranya encoding, inferring, mapping, dan applying dengan baik. Kesimpulannya bahwa penalaran analogis siswa yang bergender perempuang yang feminim tidak lebih baik dari siswa bergender laki-laki maskulin

Downloads

Published

2023-08-26