Analisis Regresi Logistik Biner Untuk Memprediksi Faktor-Faktor Internal Yang Memengaruhi Keharmonisan Rumah Tangga Menurut Provinsi Di Indonesia Pada Tahun 2021

  • Muhammad Rafiq Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman
  • Ananda Adit Rahmadani Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman
  • Annisa Amalia Putri Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman
  • Dinasty Mart Happy Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman
  • Julia Julia Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman
  • Maria Alensia Deltin Dala Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman
  • Meloria T.D. Angka Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman
  • Wasono Wasono Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman

Abstract

Regresi logistik merupakan suatu analisis regresi yang digunakan untuk menggambarkan hubungan antara variabel respon yang bersifat dikotomus (berskala nominal atau ordinal dengan dua kategori) atau polikotomus (berskala nominal atau ordinal dengan lebih dari dua kategori) dengan sekumpulan variabel prediktor bersifat kontinu atau kategorik, maka analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik biner. Penelitian ini membahas terkait keharmonisan rumah tangga di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk menguji faktor-faktor internal yang memengaruhi keharmonisan rumah tangga di Indonesia. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data sekunder analisis dengan menggunakan data yang dikumpulkan dari Badan Pusat Statistika (BPS), sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode regresi logistik biner. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisis regresi logistik biner, maka diperoleh model terbaik regresi logistik biner ln(phi(x)/1-phi(x) = -267,707 + 3,444X4. Berdasarkan persamaan regresi logistik biner diatas dapat dilihat bahwa faktor internal yang berpengaruh positif serta signifikan terhadap keharmonisan rumah tangga adalah variabel ketersediaan waktu luang (X4) dengan nilai koefisien regresi sebesar 3,444 atau 34,44%. Dari nilai tersebut dapat dilihat bahwa faktor internal yang paling berpengaruh terhadap keharmonisan rumah tangga pada seluruh masyarakat di Indonesia adalah ketersediaan waktu luang (X4)  sebesar 3,444 atau 34,44%  .


 

References

[1] Marhisar, Simatupang,. Nur Ainy Sadijah., & Randwitya Ayu Ganis Hemasti. (2021). The Commuter Family. Purbalingga: Eireka Media Aksara.
[2] Nisva, Taufiqotul Masrukha Tesha & Vita Ratnasari. (2020). Analisis Regresi Logistic Biner Pada Faktor-Faktor Yang Mempengarhi Jenis Perceraian Di Kabupaten Lumajang. Jurnal Inferensi. Vol 3(1)
[3] Parsaulian, Agustinus Salomo., Tarno, Dwi Ispriyanti. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerima Beras Raskin Menggunakan Regresi Logistik Biner Dengan GUI R. Jurnal Gaussian. Vol 10(1).
[4] Roflin Eddy., Freza Riana., Ensiwi Munarsih Pariyana., & Iche Andriyani Liberty. (2023). Regresi Logistik Biner Dan Multinomial. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
[5] Rosidi, mohammad. (2019). Metode numerik menggunakan R untuk Teknik lingkungan. https://bookdown.org/moh_rosidi2610/Metode_Numerik/.
Published
2023-08-26
How to Cite
RAFIQ, Muhammad et al. Analisis Regresi Logistik Biner Untuk Memprediksi Faktor-Faktor Internal Yang Memengaruhi Keharmonisan Rumah Tangga Menurut Provinsi Di Indonesia Pada Tahun 2021. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Statistika, [S.l.], v. 3, n. 01, p. 116-127, aug. 2023. ISSN 2657-232X. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/SNMSA/article/view/1177>. Date accessed: 20 apr. 2024.