Pengelompokan Perguruan Tinggi Negeri Di Indonesia Berbasis Indikator Kinerja Utama Menggunakan Block-Based K-Medoids Partitioning Method
Keywords:
IKU, PTN, Block-KM, DRIMAbstract
Salah satu faktor penentu kelayakan sebuah perguruan tinggi adalah akreditasi. Akreditasi merupakan kegiatan penilaian mutu dan kelayakan perguruan tinggi sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti). Pada penelitian ini dilakukan pengelompokan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia berdasarkan data campuran yaitu Indikator Kinerja Utama (IKU) yang terdiri dari 9 variabel numerik dan dua variabel tambahan berbentuk kategorik. Variabel numerik terdiri atas persentase dosen berkegiatan di luar kampus, persentase dosen berkualifikasi doktor, persentase lulusan berkegiatan di luar kampus, persentase Program Studi (Prodi) dengan pembelajaran berbasis proyek, rasio jumlah penelitian terhadap cacah dosen, persentase lulusan berkarya, persentase Prodi dengan akreditasi internasional, pengalaman PTN, dan persentase implementasi kerjasama Prodi. Adapun 2 variabel kategorik yaitu peringkat akreditasi PTN dan status Badan Hukum PTN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Block-Based K-Medoids Partitioning Method (Block-KM), sementara untuk penentuan cacah grup digunakan Deviation Ratio Index based on K-Medoids (DRIM). Berdasarkan DRIM diperoleh cacah optimal kelompok adalah empat. Kelompok pertama terdiri atas 8 PTN, kelompok kedua 6 PTN, kelompok ketiga 8 PTN dan kelompok keempat 45 PTN. Kelompok empat mempunyai profil capaian IKU yang paling tinggi dibandingkan dengan kelompok lain.