Peran Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Challenge Based Learning Bernuansa STEM Berbantuan Quiziz terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

  • Eni Puji Lestari State University of Semarang image/svg+xml
  • Adi Satrio Ardiansyah

Keywords:

Bahan Ajar, Challenge Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, STEM, Quiziz

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan

di abad ke-21. Namun, keadaan peserta didik di Indonesia berbanding terbalik dengan

tuntutan abad ke-21 dimana kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara deskriptif peran dari bahan

ajar matematika terintegrasi Challenge Based Learning (CBL) bernuansa Science,

Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) berbantuan Quiziz terhadap

kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini disusun dengan pendekatan studi literature yang

kemudian data dianalisis secara deskriptif dengan mengemukakan fakta-fakta atau

temuan yang kemudian ditinjau secara teoritis. Model Challenge Based Learning (CBL)

dapat memberdayakan berpikir kritis karena dalam sintaksnya menggabungkan aspek

penting yang difokuskan pada permasalahan nyata. Science, Technology, Engineering,

and Mathematics (STEM) juga berfokus pada pemecahan masalah dalam kehidupan

sehari-hari sehingga peserta didik berpikir bagaimana memecahkan masalah yang

dihadapi, dalam proses pemecahan masalah terjadi suatu proses berpikir tingkat tinggi

yaitu berpikir kritis. Media Quiziz dapat membentuk daya berpikir kritis saat menjawab

pertanyaan kuis. Oleh karena itu, bahan ajar matematika yang terintegrasi Challenge

Based Learning (CBL) bernuansa Science, Technology, Engineering, and Mathematics

(STEM) berbantuan Quiziz berperan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Peneliti merekomendasikan dilakukannya penelitian lebih lanjut tentang pengembangan

bahan ajar matematika terintegrasi Challenge Based Learning bernuansa STEM

berbantuan Quiziz terhadap kemampuan berpikir kritis

Downloads

Published

2023-08-26