Peran Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Challenge Based Learning Bernuansa STEM Berbantuan Quiziz terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Keywords:
Bahan Ajar, Challenge Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, STEM, QuizizAbstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan
di abad ke-21. Namun, keadaan peserta didik di Indonesia berbanding terbalik dengan
tuntutan abad ke-21 dimana kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara deskriptif peran dari bahan
ajar matematika terintegrasi Challenge Based Learning (CBL) bernuansa Science,
Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) berbantuan Quiziz terhadap
kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini disusun dengan pendekatan studi literature yang
kemudian data dianalisis secara deskriptif dengan mengemukakan fakta-fakta atau
temuan yang kemudian ditinjau secara teoritis. Model Challenge Based Learning (CBL)
dapat memberdayakan berpikir kritis karena dalam sintaksnya menggabungkan aspek
penting yang difokuskan pada permasalahan nyata. Science, Technology, Engineering,
and Mathematics (STEM) juga berfokus pada pemecahan masalah dalam kehidupan
sehari-hari sehingga peserta didik berpikir bagaimana memecahkan masalah yang
dihadapi, dalam proses pemecahan masalah terjadi suatu proses berpikir tingkat tinggi
yaitu berpikir kritis. Media Quiziz dapat membentuk daya berpikir kritis saat menjawab
pertanyaan kuis. Oleh karena itu, bahan ajar matematika yang terintegrasi Challenge
Based Learning (CBL) bernuansa Science, Technology, Engineering, and Mathematics
(STEM) berbantuan Quiziz berperan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Peneliti merekomendasikan dilakukannya penelitian lebih lanjut tentang pengembangan
bahan ajar matematika terintegrasi Challenge Based Learning bernuansa STEM
berbantuan Quiziz terhadap kemampuan berpikir kritis