Model Regresi Logistik pada Indeks Kedalaman Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur Tahun 2021

  • Dimas Raditya Sahputra Universitas Mulawarman
  • Mirna Sulistiani Universitas Mulawarman
  • Ersya Nanda Aulia Universitas Mulawarman
  • Ridho Fadhillah Universitas Mulawarman
  • Khairiyah Fadhilah Universitas Mulawarman
  • Sumarni Sumarni Universitas Mulawarman
  • Aisyah Nur Fadhilah Universitas Mulawarman
  • Adelia Septina Wirawan Universitas Mulawarman
  • Wasono Wasono Universitas Mulawarman

Abstract

Penelitian ini membahas tentang indeks kedalaman kemiskinan di Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber dari Badan Pusat Statistika (BPS). Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi logistik biner untuk menguji pengaruh harapan lama sekolah, rata-rata lama sekolah, dan pengeluaran per kapita terhadap indeks kedalaman kemiskinan. Sedangkan analisis regresi logistik biner merupakan suatu metode statistika yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel respon (Y) yang bersifat biner dengan variabel prediktor (X). Sehingga Indeks kedalaman kemiskinan sebagai variabel respon (Y)  pengaruh harapan lama sekolah (X1), rata-rata lama sekolah (X2) dan pengeluaran perkapita (X3). Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisis regresi logistik biner maka diperoleh model logit regresi logistik biner g(x) = 8,841 - 1,246X2. Berdasarkan persamaan regresi logistik biner diatas dapat dilihat bahwa harapan lama sekolah (X1) dan pengeluaran perkapita (X3) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap indeks kedalaman kemiskinan. Sedangkan rata-rata lama sekolah (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap indeks kedalaman kemiskinan.

References

[1] Alwi, W. Ermawati dan Saddam, H. 2018. Analisis Regresi Logistik Biner Untuk Memprediksi Kepuasan Pengunjung Pada Rumah Sakit Umum Daerah Majene. Jurnal MSA (Matematika dan Statistika Serta Aplikasinya), 6(1), 20-26
[2] Habib, Umar dan Heru Wahyudi. 2022. Indeks Kedalaman Kemiskinan Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik. Vol 1(1):59
[3] Pratiwi, R dan Ardiana, F, D. 2021. Analisis Regresi Logistik Biner pada Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Menggunakan Jasa Layanan Grab di Kabupaten Lamongan. Inferensi. 4(2). 77-84.
[4] Roflin, E., Riana, F., Munarsih, Ensiwi., Pariyana. dan Liberty, I. A. 2023. Regresi Logistik Biner dan Multinominal. Edisi ke-1, Pekalongan. PT Nasya Expanding Management.
[5] Tampil, Y, A. Hanny, K dan Yohanis, L. 2017. Analisis Regresi Logistik Untuk Menentukan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa FMIPA Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Pendidikan Akuntansi. 6(2). 56-62.
[6] Wulandari, A., Faruk, M. F., Doven, F. S. dan Budyanra. 2017. Penerapan Metode Regresi Logistik Biner Untuk Mengetahui Determinasi Kesiapsiagaan Rumah Tangga Dalam Menghadapi Becana Alam. Seminar Nasional Official Statistics. 24, September 2019, Jakarta Timur, Indonesia. 379-388.
Published
2023-08-26
How to Cite
SAHPUTRA, Dimas Raditya et al. Model Regresi Logistik pada Indeks Kedalaman Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur Tahun 2021. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Statistika, [S.l.], v. 3, n. 01, p. 1-9, aug. 2023. ISSN 2657-232X. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/SNMSA/article/view/1159>. Date accessed: 03 may 2024.