Studi Dinamika Sedimen Kohesif di Perairan Teluk Balikpapan dengan Menggunakan Model Numerik Tiga Dimensi

  • Medi Susyanto

Abstract

Studi ini membahas tentang permasalahan sedimentasi di daerah teluk yang paling dipengaruhi oleh pasang surut air laut dan DAS (Debit Aliran Sungai). Proses Sedimentasi terjadi akibat adanya pergerakan arus pasang surut dari lepas pantai (offshore) dan debit sungai. Proses ini yang menyebabkan terjadinya erosi dan deposisi pada permukaan dasar teluk. Studi ini dilakukan pada bulan Juli 2014 hingga Januari 2015. Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dinamika sedimen kohesif di Teluk Balikpapan. Analisa data yang saya lakukan pada studi ini adalah berapa besar konsentrasi sedimen, deposisi, erosi, bed shear stress, dan kecepatan arus di Teluk Balikpapan. Pemodelan menggunakan bantuan ECOMSED, yang merupakan model numerik untuk mensimulasikan hidrodinamika dan sedimentasi di Teluk Balikpapan. Pengambilan data verifikasi dilakukan langsung di Teluk Balikpapan pada 3 titik lokasi. Waktu simulasi dimulai pada 24 Agustus hingga 23 September 2014. Hasil yang diperoleh dalam studi ini yaitu rata-rata konsentrasi sedimen kohesif yang berada di hulu sungai Semoi dan Riko adalah 18 10-6 hingga 4.20 10-5 gr/cm3, pada hilir sungai hingga ke mulut teluk memiliki rata-rata nilai 6.06 10-6 hingga 1.2 10-5 gr/cm3, sedangkan untuk lepas pantai memiliki rata-rata nilai 1.00 10-6  gr/cm3. Untuk nilai deposisi ataupun erosi, hanya terjadi di hulu sungai Semoi, sungai Riko dan lepas pantai paling timur. Deposisi yang terjadi di hulu sungai Semoi selama 30 hari memiliki kisaran nilai dari 0 hingga 4 mm, pada hulu sungai Riko memiliki nilai rata-rata 0 hingga 2 mm, sedangkan pada lepas pantai paling timur Teluk Balikpapan terjadi erosi dengan kisaran nilai 0 hingga 68 mm. Untuk nilai Bed Shear Stress berkisar dari 0 hingga 16 dyne/cm2 yang terletak di sepanjang Sungai Semoi hingga menuju lepas pantai dalam kurun waktu 30 hari. Nilai arus pasang surut berkisar dari 0 hingga 0.75 m/s yang terjadi di sepanjang Teluk Balikpapan.

Published
2018-02-20
How to Cite
SUSYANTO, Medi. Studi Dinamika Sedimen Kohesif di Perairan Teluk Balikpapan dengan Menggunakan Model Numerik Tiga Dimensi. GEOSAINS KUTAI BASIN, [S.l.], v. 1, n. 1, feb. 2018. ISSN 2615-5176. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/geofis/article/view/168>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.30872/geofisunmul.v1i1.168.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.