IDENTIFIKASI MATERIAL PASIR DESA SAMBERA MARANGKAYU MENGGUNAKAN XRF DAN XRD

  • Arief Muliawan

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang karakterisasi pada Pasir Sambera Marangkayu. Penelitian ini bertujuan untuk studi awal material penyusun sumber daya pasir yang bersumber dari alam. Sampel pasir kemudian dibersihkan dari kotoran kemudian dihaluskan dengan mengunakan ball milling. Setelah halus kemudian sampel dikarakterisasi menggunakan alat XRF dan XRD. Berdasarkan hasil XRF Pasir Sambera memiliki kandungan senyawa Si sebesar 79.1% -79.5 % dan Al sebesar 14.9% -15.2%.  Jika dibandingkan dengan hasil XRD Pasir Sambera jarak bidang difraksi pada intensitas tertinggi (100%) yang dapat dilihat yakni pada sudut  dan dengan bidang difraksi 3,33Å mengidentifikasi fase kuarsa. Dengan demikian pasir sambera dapat dimanfaatkan sebagai sumber Silika dan aluminium oksida.

Published
2018-02-15
How to Cite
MULIAWAN, Arief. IDENTIFIKASI MATERIAL PASIR DESA SAMBERA MARANGKAYU MENGGUNAKAN XRF DAN XRD. GEOSAINS KUTAI BASIN, [S.l.], v. 1, n. 1, feb. 2018. ISSN 2615-5176. Available at: <https://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/geofis/article/view/107>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.30872/geofisunmul.v1i1.107.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.