ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA DI KALIMANTAN MENGGUNAKAN REGRESI NONPARAMETRIK SPLINE TRUNCATED

  • Dicky Adetya Arjun Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Sifriyani Sifriyani Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Syaripuddin Syaripuddin Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Mulawarman, Indonesia

Abstract

Regresi Nonparametrik Spline Truncated merupakan analisis regresi nonparamterik yang memiliki model polinomial tersegmen. Sifat tersegmen ini memberikan fleksibilitas dan dapat menyesuaikan diri lebih efektif terhadap karakteristik lokal data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatan model regresi dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Pulau Kalimantan dengan menggunakan regresi nonparametrik Spline Truncated multivariabel. Hasil dari penelitian ini diperoleh model regresi nonparametrik Spline truncated terbaik untuk memodelkan tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Pulau Kalimantan adalah dengan tiga titik knot. Model ini memiliki nilai GCV yang paling minimum sebesar 3,18 dengan R2 sebesar 76,72 % dan MSE yaitu sebesar 2,10. Faktor-faktor yang berpengaruh siginifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka di Kalimantan adalah rata-rata lama sekolah, tingkat partisipasi angkatan kerja, persentase penduduk miskin, laju pertumbuhan ekonomi, dan jumlah industri besar sedang.

Published
2019-05-10
How to Cite
ARJUN, Dicky Adetya; SIFRIYANI, Sifriyani; SYARIPUDDIN, Syaripuddin. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA DI KALIMANTAN MENGGUNAKAN REGRESI NONPARAMETRIK SPLINE TRUNCATED. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Statistika, [S.l.], p. 115-121, may 2019. ISSN 2657-232X. Available at: <http://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/SNMSA/article/view/558>. Date accessed: 06 june 2020.