PENERAPAN ANALISIS REGRESI DATA PANEL DALAM MENENTUKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI DAYA SAING INDUSTRI MIKRO KECIL INDONESIA TAHUN 2013-2015

  • Emy Nuryana Dewi Statistisi Badan Pusat Statistik Kabupaten Kutai Timur, Indonesia
  • Emil Azman Statistisi Badan Pusat Statistik Kabupaten Kutai Timur, Indonesia

Abstract

Upaya peningkatan daya saing industri mikro dan kecil (IMK) diharapkan mampu memperkuat peranan serta menyetarakan nilai tambahnya agar mampu setara dengan sumbangan nilai tambah industri besar dan sedang (IBS) dalam PDB. Namun sayangnya, gap antara nilai tambah IMK dan IBS kian membesar dari tahun ke tahun. Kemudian jika dilihat di tiap wilayah di Indonesia, performa nilai tambah IMK di masing-masing provinsi tersebut menunjukkan pergerakkan yang tidak stabil. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi daya saing IMK menggunakan analisis regresi data panel. Hasil analisis regresi data panel, yaitu fixed effects model (FEM) dengan metode estimasi FGLS/SUR (PCSE), menunjukkan bahwa produktivitas tenaga kerja dan infrastruktur kondisi jalan secara signifikan berpengaruh terhadap daya saing IMK, sedangkan rasio biaya input per output dan inflasi secara signifikan tidak berpengaruh signifikan terhadap daya saing IMK. Kemudian bila dilihat dari efek individu yang dihasilkan oleh model regresi tersebut, provinsi yang mengalami peningkatan kemampuan ekspor IMK provinsi terbesar berdasarkan model tersebut ialah Provinsi NTB sedangkan provinsi yang mengalami peningkatan daya saing IMK terkecil ialah Provinsi Kepulauan Riau.

Published
2019-05-10
How to Cite
DEWI, Emy Nuryana; AZMAN, Emil. PENERAPAN ANALISIS REGRESI DATA PANEL DALAM MENENTUKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI DAYA SAING INDUSTRI MIKRO KECIL INDONESIA TAHUN 2013-2015. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Statistika, [S.l.], p. 231-239, may 2019. ISSN 2657-232X. Available at: <http://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/SNMSA/article/view/553>. Date accessed: 29 may 2020.