PENERAPAN MODEL ERROR CORRECTION MECHANISM DALAM KAJIAN UANG ELEKTRONIK, ANGKA PENGGANDA UANG DAN GIRO WAJIB MINIMUM DI INDONESIA

  • Shafira Murni Fungsional Statistisi, BPS Kabupaten Kutai Timur, Indonesia
  • Budiasih Budiasih Politeknik Statistika STIS, Jakarta, Indonesia

Abstract

Perkembangan teknologi semakin memberi dampak pada kehidupan sehari-hari salah satunya dengan munculnya uang elektronik. Sejak dicanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) oleh Bank Indonesia pada tahun 2014, perkembangan uang elektronik begitu pesat hingga bermunculan penyedia jasa uang elektronik swasta seperti GOPAY dan OVO. Penggunaan uang elektronik memang dirasa dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam bertransaksi. Penggunaan uang elektronik mampu meminimalisasi lama antrean maupun lama transaksi yang dapat terjadi dan juga akan menggenjot perekonomian. Namun, jika penerbitan nilai uang elektronik tidak diimbangi dengan ketetapan Giro Wajib Minimum, maka uang banyak beredar di masyarakat dan berpotensi menimbulkan inflasi. Penelitian ini mengkaji pengaruh uang elektronik terhadap efektivitas Giro Wajib Minimum di Indonesia dilihat dari angka pengganda uang yang berlaku di Indonesia. Dengan menggunakan Error Correcting Mechanism (ECM) Model dianalisis dampak penggunaan uang elektronik terhadap angka pengganda uang di Indonesia kemudian selanjutnya dapat dikaji dampak uang elektronik terhadap giro wajib di Indonesia. Selain itu, dianalisis pula hubungan antara simpanan giro rupiah (D) dan uang elektronik. Hasil analisis melalui model ECM menunjukkan bahwa kenaikan nilai transaksi uang elektronik signifikan meningkatkan angka pengganda uang dalam kondisi jangka pendek maupun jangka panjang. Koefisien korelasi menunjukkan terdapat hubungan negatif antara rata-rata nilai transaksi uang elektronik dengan simpanan giro rupiah di Indonesia. Kedua hal ini mengindikasikan bahwa peningkatan uang elektronik yang tidak diimbangi dengan penetapan Giro Wajib Minimum atas nilainya (float e-money) akan menurunkan nilai giro wajib di Indonesia.

Published
2019-05-10
How to Cite
MURNI, Shafira; BUDIASIH, Budiasih. PENERAPAN MODEL ERROR CORRECTION MECHANISM DALAM KAJIAN UANG ELEKTRONIK, ANGKA PENGGANDA UANG DAN GIRO WAJIB MINIMUM DI INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Statistika, [S.l.], p. 206-213, may 2019. ISSN 2657-232X. Available at: <http://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/SNMSA/article/view/548>. Date accessed: 26 feb. 2020.