EVALUASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI DI KALIMANTAN MENGGUNAKAN REGRESI NONPARAMETRIK SPLINE DENGAN PEMBOBOT GEOGRAFIS

  • Jundatul Millah Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Mulawarman, Indonesia

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator makro untuk melihat kinerja perekonomian secara rill di suatu wilayah. Laju pertumbuhan ekonomi di Kalimantan dalam 3 tahun terakhir mengalami kenaikan yaitu 1,37% pada tahun 2015, 2,01 % pada tahun 2016 dan 4,67% pada tahun 2017 tetapi angka tersebut masih berada dibawah pertumbuhan ekonomi nasional, sehingga laju pertumbuhan ekonomi di Kalimantan masih terbilang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi di 56 Kabupaten/Kota di Kalimantan. Metode yang digunakan adalah regresi nonparametrik spline dengan pembobot geografis. Pembobot geografis yang digunakan yaitu fungsi kernel Gausian dan Bisquare. Hasil dari penelitian ini didapatkan model terbaik menggunakan pembobot fungsi kernel Gaussian pada orde 2 titik knot 2, dengan nilai R-squared sebesar 82,873% dan nilai RMSE sebesar 0,69857 serta asumsi yang telah terpenuhi sehingga dapat dikatakan baik dalam pemodelan. Hasil evaluasi diperoleh faktor-faktor yang mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi di Kalimantan adalah tingkat partisipai angkatan kerja, anggaran pendapatan dan belanja daerah, jumlah industri besar dan sedang, dana alokasi umum, rata-rata lama sekolah dan produktivitas padi.

Published
2019-05-10
How to Cite
MILLAH, Jundatul. EVALUASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI DI KALIMANTAN MENGGUNAKAN REGRESI NONPARAMETRIK SPLINE DENGAN PEMBOBOT GEOGRAFIS. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Statistika, [S.l.], p. 122-129, may 2019. ISSN 2657-232X. Available at: <http://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/SNMSA/article/view/535>. Date accessed: 26 feb. 2020.