PENERAPAN METODE HIERARCHICAL CLUSTERING MULTISCALE BOOTSTRAP (STUDI KASUS: INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DI KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2017)

  • Yulia Safarina Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Memi Nor Hayati Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Yuki Novia Nasution Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Mulawarman, Indonesia

Abstract

Analisis cluster hirarki merupakan analisis yang digunakan untuk mengelompokkan data (objek) berdasarkan karakteristiknya. Metode complete linkage merupakan salah satu metode pada analisis cluster hirarki yang digunakan untuk mengelompokkan data di berbagai aspek, salah satunya yaitu IPM. Penelitian ini menggunakan data indikator IPM di Kalimantan Timur Tahun 2017. Metode complete linkage hanya memberikan satu solusi penyelesaian, yaitu didasarkan pada ukuran kedekatan jarak, sehingga penelitian ini menggunakan metode multiscale bootstrap untuk memperoleh validitas dari cluster yang terbentuk. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat empat cluster yang terbentuk. Kota Balikpapan, Kota Samarinda, dan Kota Bontang termasuk dalam cluster pertama, Kabupaten Kutai Kartanegara termasuk dalam cluster kedua, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Paser, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Timur, dan Kabupaten Berau termasuk dalam cluster ketiga, Kabupaten Mahakam Ulu termasuk dalam cluster keempat. Dari keempat cluster yang terbentuk, terdapat tiga cluster yang valid yaitu cluster kedua, cluster ketiga, dan cluster keempat.

Published
2019-05-10
How to Cite
SAFARINA, Yulia; HAYATI, Memi Nor; NASUTION, Yuki Novia. PENERAPAN METODE HIERARCHICAL CLUSTERING MULTISCALE BOOTSTRAP (STUDI KASUS: INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DI KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2017). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Statistika, [S.l.], p. 29-35, may 2019. ISSN 2657-232X. Available at: <http://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/SNMSA/article/view/523>. Date accessed: 26 feb. 2020.